ADVERTISEMENT

Terungkap Alasan Honda Duluan Upgrade BR-V Ketimbang Mobilio

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 29 Nov 2021 19:37 WIB
Jakarta -

Honda lebih memilih memperbarui BR-V duluan ketimbang Honda Mobilio. Padahal, sudah cukup lama belum ada penyegaran pada Honda Mobilio. Apa alasannya?

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, Honda BR-V terbaru ini dikembangkan dan diproduksi di Indonesia, untuk kemudian akan diekspor ke 30 negara di dunia. Pengembangannya dilakukan selama dua tahun.

Billy mengatakan, alasan Honda memperbarui BR-V lebih dulu adalah karena pasar low SUV terus berkembang di Indonesia. Kata dia, pangsa pasar low SUV meningkat terus.

"Naik terus market nya dari 9%, 10%, 11% sekarang sudah 14% lebih. LMPV masih di atas 16%. Nomor satu LCGC masih 17% lebih. Jadi (alasan Honda memperbarui BR-V ketimbang Mobilio karena (marketnya (LSUV) berkembang terus," ucap Billy di sela-sela acara test drive All New Honda BR-V di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat, Senin (29/11/2021).

Selain itu, Billy menyebut karakter konsumen Indonesia menyukai mobil yang muat 7 orang penumpang. Sebab, mobil jenis ini sering digunakan untuk bepergian bareng-bareng.

Honda All New BR-VHonda All New BR-V Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar

"Karakter orang Indonesia kan komunal, suka pergi denga keluarga, teman-teman. Infrastruktur jalanan (yang cocok untuk LSUV). Jadi kita mengembangkan sekarang fokusnya ke LSUV. Bukan berarti Mobilio ditinggalin. Mobilio tetap produksi loh," ungkap Billy.

Honda BR-V kini berubah signifikan ketimbang BR-V lawas yang mirip dengan mobil LMPV Mobilio. Honda BR-V terbaru dilengkapi mesin yang sama dengan City Hatchback, yakni berkode L15ZF 1.500cc empat silinder i-VTEC DOHC bertenaga 121 PS pada 6.660 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Ada dua pilihan transmisi, yakni manual 6-percepatan dan CVT. Disebut All New BR-V lebih irit BBM 3 persen dari model sebelumnya.

Generasi kedua dari model 7-Seater LSUV Honda, Honda BR-V, ditawarkan dalam 5 varian dengan harga mulai dari Rp 275,9 Juta.

Honda All New BR-VHonda All New BR-V Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar

Daftar harga lengkap dan varian Honda BR-V:

  • All New Honda BR-V S MT Rp 275,9 Juta
  • All New Honda BR-V E MT Rp 289,9 Juta
  • All New Honda BR-V E CVT Rp 299,9 Juta
  • All New Honda BR-V Prestige CVT Rp 321,9 Juta
  • All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda SENSING Rp 339,9 Juta

Harga All New Honda BR-V tersebut merupakan harga on the road wilayah Jakarta dan sudah termasuk pajak emisi yang berlaku di bulan Januari 2022. Harga tersebut dapat disesuaikan jika terjadi perubahan regulasi seperti adanya insentif pajak.

(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT