Tes Hyundai Staria Signature 9: MPV Mewah Muat 9 Orang!

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 30 Nov 2021 06:41 WIB
Jakarta -

Hyundai Staria sejatinya bukan barang baru di Indonesia. PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) tercatat sudah memasukkan mobil ini sejak Agustus 2021 lalu. Meski demikian, Staria ini tetap menarik untuk dibahas, apalagi karena desainnya yang cukup nyentrik, membawa segudang fitur canggih, dan pas untuk selera orang Indonesia yaitu muat banyak penumpang.

detikOto sudah pernah melakukan pengetesan Hyundai Staria Signature 7. Kala itu, Hyundai mengajak kami untuk menjajal mobil mewah ini dengan rute Jakarta-Bandung. Tapi kali ini, kami berkesempatan menjajal Staria termurah dan melakukan pengetesan jangka panjang. Lantas, seperti apa ulasan lengkap kami soal mobil ini? Simak ototest Hyundai Staria Signature 9 kali ini!

Hyundai Staria Signature 9Hyundai Staria Signature 9 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Desain yang Unik, Bak Mobil dari Masa Depan
Hyundai Staria Signature 9 tampil identik dengan Staria Signature 7 yang pernah kami tes sebelumnya. Jelas orang awam atau yang pertama kali melihat mobil ini, langsung 'gagal fokus' dan seakan melihat mobil konsep yang berseliweran di jalanan.

Tidak sedikit kami dapati orang yang sampai memutar kepalanya, untuk memperhatikan Staria yang sedang kami bawa. Menurut kami, ini bukan hanya karena desainnya yang beda dari yang lain, tapi juga karena unitnya belum banyak yang mengaspal.

Hyundai mengklaim desain eksterior Staria ini, menampilkan siluet futuristik, kesan bersih, ramping, dan menyerupai pesawat luar angkasa. Bagian fascia memberikan tampilan grille yang khas Hyundai kekinian.

Selain itu penggunaan model LED Daytime Running Lights (DRL) yang horizontal dan positioning lamps yang berada di sepanjang sisi kendaraan, kian menambah kesan mewah di mobil ini.

Hyundai Staria Signature 9Hyundai Staria Signature 9 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Kalau dari samping, Hyundai Staria ini terasa kental aura MPV besarnya. Sayang, menurut kami hadirnya kaca 'tambahan' yang harus dibuka secara manual di pilar B, membuat kesan mewah Staria berkurang sedikit.

Dimensi mobil ini, lebih besar dengan rival sekelasnya, Toyota Alphard. Panjangnya 5.253 mm, lebar 1.997 mm, dan tinggi 1.990 mm membuat mobil ini tampak intimidatif dan gagah.

Geser ke belakang, Staria ini kian kental aura futuristisnya. Model lampu parametric pixel yang dipasangkan secara tegak, membuat mobil ini tampak ikonik dari belakang

[Halaman berikutnya: Pembuktian untuk Sembilan Penumpang]