First Drive Toyota All New Veloz: Lebih Responsif, Nyaman, dan Aman!

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 15 Nov 2021 20:09 WIB
Jakarta -

Toyota All New Veloz sejak lama sudah hadir menjadi saudara kembar dari mobil sejuta umat, Toyota Avanza. Namun di generasi terbarunya, berbeda dari Avanza-Xenia yang diracik di pabrik Daihatsu, Veloz langsung diracik oleh Toyota.

Setelah beberapa waktu lalu tim detikOto melihat langsung wujudnya yang diluncurkan pada Rabu (10/11/21) secara virtual, kali ini Toyota mengajak kami untuk menjajal langsung Toyota All New Veloz. Lantas seperti apa impresi kami? Simak ulasannya kali ini!

Toyota All New VelozToyota All New Veloz Foto: Dok. Toyota-Astra Motor

Suasana Kabin dan Fitur Keselamatan yang Berkelas

Masuk ke dalam cockpit dari Toyota All New Veloz, kesan mewahnya langsung terasa. Berbeda dari Avanza-Xenia, Veloz hadir dengan sejumlah perangkat yang lebih kekinian, sehingga membuat kabin terasa lebih berkelas. Contohnya, Veloz menggunakan rem parkir elektrik yang lengkap denga fitur auto hold, dan ada juga konsol wireless charging yang disematkan dengan rapi di tengah.

Posisi berkendaranya pun cukup ergonomis. Jok dengan mudah dapat diatur posisi naik-turun atau maju-mundurnya, dan yang terpenting setir juga dapat diatur posisinya dengan pengaturan teleskopik dan tilt-nya. Lalu untuk visibilitasnya, Veloz terasa cukup baik. Posisi dashboard tidak terlalu tinggi, dan pengaturan kacanya pun cukup memanjakan pengendara.

Fitur lain yang tak kalah membuat Veloz ini 'naik kelas' adalah fitur keselamatannya. Sama seperti kelas tertinggi Avanza, Veloz kelas tertinggi alias Q CVT TSS, juga dibekali dengan Toyota Safety Sense (TSS) & Advance Safety Features.

Toyota Safety Sense yang hadir di mobil ini, tentunya bekerja melalui radar atau kamera yang dipasangkan oleh Toyota di kaca depannya. TSS meliputi Pre Colliison System, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Selain itu, yang bikin makin percaya diri ketika mengendarai Toyota Veloz tipe tertinggi ini adalah hadirnya Airbag berjumlah enam buah yang siap menjaga pengemudi, penumpang depan, hingga penumpang baris kedua dari cedera parah ketika kecelakaan. Lalu, siap-siap 'dimarahi' oleh Veloz ini jika tak menggunakan sabuk pengaman atau seatbelt, karena Veloz sudah dilengkapi dengan seatbelt warning yang lengkap.

Kurang-lebih fitur keselamatan yang hadir di Veloz tipe tertinggi ini mirip dengan Avanza tipe tertinggi atau 1.5G CVT TSS. Namun, duduk di cockpit Veloz terasa berbeda dan lebih mewah jika dibandingkan dengan duduk di cockpit Avanza.

[Halaman berikutnya: Impresi berkendara Toyota All New Veloz]