All New Toyota Avanza Pakai Platform Baru, Interior Jadi Lebih Lega

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 11 Nov 2021 13:08 WIB
All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021)
All New Toyota Avanza. Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)
Jakarta -

All New Toyota Avanza kini menggunakan platform global terbaru. Dengan mengusung platform baru, kini kabin All New Toyota Avanza bisa lebih lega.

"Sebagai All New MPV, kami telah mengambil tantangan untuk mencoba sesuatu yang baru dalam pengembangan All New Avanza. Salah satunya adalah transformasi dari platform. Jadi platform yang generasi sebelumnya menggunakan front engine rear wheel drive (FR) dan platform baru menggunakan front engine front wheel drive (FF). Ini benar-benar platform yang baru sama sekali," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy dalam peluncuran All New Avanza secara virtual, Rabu (10/11/2021).

Mengusung platform baru membuat Toyota bisa menghadirkan interior Toyota All New Avanza yang lebih luas. Dengan begitu, kabin Avanza diklaim lebih nyaman.

"Bahkan pengaturan kursinya lebih fleksibel dapat diatur dalam model sofa dan juga mode full flat," ucap Anton.

Dimensi All New Avanza memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi hingga 1.700 mm, sedangkan wheelbase tercatat 2.750 mm. Dimensi baru yang lebih lebar dan lebih panjang ini membuat All New Avanza mampu menghadirkan 7 Seaters yang lebih nyaman dan ekstra luas.

All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021)Jok All New Toyota Avanza bisa dijadikan mode sofa. Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)

Jarak antara penumpang baris pertama dan kedua di All New Avanza adalah 980 mm, sementara jarak antara penumpang baris kedua dan ketiga adalah 700 mm. Gerak maju mundur 240 mm pada kursi baris kedua dipadu dengan lebar mobil yang ditambah 70 mm memastikan 7 penumpang dapat duduk dengan nyaman.

Selain itu, All New Avanza juga dirancang untuk memiliki konfigurasi yang fleksibel sesuai kebutuhan pelanggan, bahkan dapat disesuaikan menjadi New Pleasant Long Sofa Mode untuk memberikan ruang yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021)All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021) Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)

All New Avanza hadir dengan dua mesin seri NR yang telah ditingkatkan untuk menghadapi platform FF baru. Mesin 1NR-VE 1.329 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 98 PS dan torsi 12,4 Kgm dan 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm. Mesin itu masih menerapkan teknologi Dual VVT-i.

Kini mesin ini juga disempurnakan dengan New CVT Transmission. Transmisi baru ini dilengkapi dengan split gear baru yang dikembangkan untuk memberikan rasio gigi yang lebih lebar guna menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus serta pengalaman jelajah yang senyap.



Simak Video "Selisih Rp 50 Juta, Ini Perbedaan Harga Toyota All New Avanza dan Veloz"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)