Kenapa All New Avanza Kini Pakai Penggerak Roda Depan? Ini Penjelasan Toyota

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 11 Nov 2021 08:35 WIB
All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021)
All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz. Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)
Jakarta -

All New Toyota Avanza berubah total. Kini, Toyota Avanza menggunakan platform baru. Salah satu transformasinya adalah penggunaan penggerak roda depan (FWD).

Sebelumnya, sejak generasi pertama diluncurkan 2003 lalu, Toyota Avanza selalu setia dengan penggerak roda belakang (RWD). Padahal, hampir semua kompetitornya menerapkan penggerak roda depan. Baru tahun ini Toyota berani membawa perubahan besar dengan menerapkan FWD pada All New Avanza.

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, FWD maupun RWD memiliki plus-minus masing-masing.

"Tapi pastinya untuk Avanza dan Veloz terbaru ini kita mempertimbangkan tidak hanya masalah FWD atau RWD. Tapi banyak sekali pertimbangannya. Mulai dari masalah infrastruktur yang memang sekarang sudah lebih membaik, kemudian kondisi jalan di Indonesia, kemudian ini platform yang sama sekali baru tujuannya pasti lebih ringan bobotnya, lebih ekonomis, lebih irit, dan juga harus bisa memenuhi aturan terbaru CO2 tax (pajak berdasarkan emisi). Kita juga menargetkan tax bracket-nya di 15 persen," kata Anton saat peluncuran All New Avanza dan All New Veloz secara virtual, Rabu (10/11/2021).

Anton menegaskan, dari segi mesin pun pastinya ada pembaruan. Toyota, sebut Anton, memberikan tuning untuk performa mesin dan transmisi barunya.

All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021)All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021) Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)

"Saya rasa harusnya kita melihat mobil ini sebagai satu kesatuan. Jadi satu kesatuan itu memberikan performance, economical, ramah lingkungan dan juga kenyamanan. Karena kami tahu produk ini adalah produk yang sangat disukai banyak segmen, banyak generasi dan banyak lokasi. Sehingga rasanya kombinasi produk inilah yang menjadi tren terbaru dan cocok untuk market Indonesia untuk saat ini," jelas Anton.

Anton menyebut, masyarakat tak perlu berasumsi dulu soal kemampuan Avanza yang kini menjadi FWD. Dia mempersilakan konsumen untuk membuktikannya langsung dengan melakukan test drive.

"Kebetulan beberapa bulan lalu kita lakukan test drive di sirkuit yang ada di TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia). Kita merasakan langsung perubahan yang sangat drastis antara Avanza lama dan Avanza baru dari overall. Performa mesin, transmisi, kenyamanan, climbing. Oleh karena itu kami tidak ragu untuk menyediakan unit test drive yang sangat lengkap. Sekarang menyediakan unit test drive setiap cabang minimal satu, supaya customer bisa melihat langsung dan merasakan," ucap Anton.

"Sebenarnya bukan suatu hal yang baru. Karena memang di segmen ini pun rata-rata penggerak roda depan sudah cukup banyak," sambungnya.

Lanjut halaman berikut: Pakai FWD, Avanza Kuat Nanjak?