All New Toyota Avanza Resmi Meluncur, Ini Wujudnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 10 Nov 2021 15:16 WIB
All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021)
Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM). All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021).
Jakarta -

PT Toyota-Astra Motor (TAM) akhirnya resmi meluncurkan All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz. Kedua MPV berjuluk mobil sejuta umat itu hadir dengan generasi terbaru. Kini, Avanza masuk ke generasi ketiga.

Toyota Avanza dan Veloz generasi ketiga ini hadir dengan platform terbaru. Kini, Toyota Avanza mengusung penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD), berubah total dari Avanza generasi sebelum-sebelumnya yang mengandalkan penggerak roda belakang, rear wheel drive (RWD).

Tampilan Toyota Avanza dan Veloz pun berubah total dari segi eksterior. Tampak Avanza dan Veloz generasi terbaru mengusung gabungan desain SUV dan MPV.

All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021)All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021) Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)

Menurut President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda, Toyota Avanza ini telah menjadi model global yang dikembangkan di Indonesia. Kata dia, All New Avanza dan All New Veloz dirancang untuk merepresentasikan era baru mobilitas yang tidak hanya menyediakan kenyamanan tapi juga memberikan rasa menyenangkan saat berkendara.

"Kami berharap All New Avanza dan All New Veloz dapat mendukung mobilitas masyarakat khususnya di Indonesia dan melanjutkan warisannya sebagai bagian dari kebesaran Indonesia," kata Matsuda-san saat peluncuran All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz secara virtual, Rabu (10/11/2021).

Dari segi tampilan, All New Toyota Avanza memiliki desain grill trapezoid seperti mobil SUV (Sport Utility Vehicle) Toyota Corolla Cross. All New Toyota Veloz mengedepankan tampilan sporty dengan honeycomb grille. Sementara All New Toyota Avanza hadir dengan grille horizontal. Lampunya pun lebih sipit dengan teknologi lampu LED.

All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021)All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021) Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)

Tampilan samping juga dirombak. Kini, All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz tampil lebih modern dari samping. Velgnya tampak lebih keren. Avanza baru ini juga terlihat lebih tinggi karena mengadopsi ukuran pelek lebih besar. Dan pilar D dibuat ala floating roof.

Jika dilihat dari belakang, bentuk kaca belakang dan desain pintu bagasi belakangnya cukup mirip dengan Toyota Sienna. Namun di Avanza terbaru ini bentuknya lebih mengotak seperti gaya SUV. Untuk lampu belakangnya sendiri identik dengan bentuk lampu belakang Raize, yang lampu remnya menyatu dengan reflektor.

All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz ditawarkan dengan pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. Pilihan transmisinya ada transmisi manual dan otomatis. Bedanya, untuk transmisi otomatis kini Avanza dan Veloz hadir dengan CVT atau Continuously Variable Transmission, sehingga diklaim lebih mulus pengoperasiannya tanpa entakan saat perpindahan gigi.

All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021)All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021) Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)

"Kombinasi dari performa mesin efisiensi tinggi dan transmisi CVT terbaru akan memberikan kesan berkendara yang bertenaga dan efisiensi bahan bakar yang terbaik di kelasnya," ujar Eiji Fujibayashi. Chief Engineer dari Avanza.

Tak cuma mengubah tampilannya, Toyota juga menyematkan beragam fitur canggih pada All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz. Kini, mobil sejuta umat itu dibekali teknologi Toyota Safety Sense. Di Indonesia, Toyota sudah memperkenalkan sistem TSS ini di Toyota Raize. Fitur TSS dilengkapi dengan teknologi kamera dan sensor laser. Sistem TSS dirancang untuk mengurangi bahaya saat berkendara.

"Kami juga telah memberikan perhatian khusus pada fitur keselamatan Fitur canggih terdepan di kelasnya seperti Toyota Safety Sense juga tersedia, menawarkan ketenangan bagi pelanggan kami," ucap Fujibayashi.

All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021)All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021) Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)

TSS yang ada di mobil ini meliputi fitur Pre-collision warning and braking, lane departure warning and prevention, lane keeping control, automatic high beam, adaptive driving beam, dan front departure alert.

Fitur lainnya yang ada di Avanza baru ini adalah rem parkir elektrik atau Electric Parking Brake (EPB). Jadi, tak ada tuas rem parkir di konsol tengah, untuk mengaktifkan rem parkir tinggal menekan tombol EPB yang terletak dekat persneling.

Lalu, berapa harga Avanza dan Veloz terbaru? Sampai berita ini ditulis, PT TAM belum merilis harga All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz. Sesi tanya-jawab akan dilangsungkan sore ini. Jadi, nantikan berita selanjutnya soal Avanza dan Veloz terbaru di detikOto!

(rgr/lua)