Menjajal Daihatsu Rocky di Semarang, Seirit Apa?

Angling Adhitya Purbaya - detikOto
Jumat, 05 Nov 2021 11:13 WIB
Uji Daihatsu Rocky di Semarang
Daihatsu Rocky di Semarang Foto: Angling Adhitya Purbaya/detik.com
Semarang -

Daihatsu terus memperkenalkan produk barunya yaitu Daihatsu Rocky. Kali ini, Detikcom berkesempatan untuk menjajal Daihatsu Rocky di Kota Semarang, tepatnya langsung mengendarai ke daerah wisata Bandungan di Kabupaten Semarang dengan beragam kondisi jalan salah satunya memiliki jalanan yang terjal.

Berangkat dari Dealer Astra Daihatsu Majapahit, rombongan test driver mulai jalan dengan rute memutari Tugu Muda Semarang kemudian menuju Bandungan lewat Jalan Provinsi atau non-tol. Jalan memang cukup halus namun kontur tanjakan dan turunan memang cukup terjal.

Di Jalan Raya, Rocky 1.000 cc turbo melaju lancar dan cukup halus dengan suspensi yang nyaman. Kemudian mulai Jalan Kertanegara, Kabupaten Semarang menuju lokasi finish yang masih cukup jauh, Jalan mulai menyempit dan juga tanjakan semakin tinggi.

Tidak jarang di jalan tersebut harus berhenti di tanjakan yang tinggi karena berpapasan dengan kendaraan dari arah berlawanan. Ketika mobil mulai berjalan di tanjakan itu tidak ada kendala sama sekali.

Jarak sekitar 34 kilometer (sesuai peta) dengan kontur naik turun terjal berhasil dilibas dengan lancar. Getaran seperti jalan bergelombang juga diredam cukup nyaman. Yang mengejutkan, indikator bensin belum berkurang satu bar pun setelah diisi full sebelumnya.

Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021).Penampakan Daihatsu Rocky saat Ototest di kawasan Jakarta, Jumat (18/6/2021). Foto: Rengga Sancaya

"Kegiatan ini sekaligus untuk menjawab pertanyaan soal kemampuan menanjaknya. Ini sudah terjawab, semuanya (semua varian) nyatanya bisa sampai sini," kata Kepala Wilayah Astra Daihatsu Jateng Diy, Ferry di lokasi, Rumah Makan Istana Kuliner Bandungan, Kamis (4/11/2021) kemarin.

Mobil yang digunakan detikcom kali ini merupakan jenis Electronical Control Transmision model D-CVT (Dual Mode Continously Variable Transmision). Pada transmisi D-CVT ini ada 2 tahap penerusan tenaga, pada saat mulai jalan sampai kecepatan menengah menggunakan belt sehingga perpindahan lebih halus.

Sedangkan pada kecepatan menengah ke atas, penerusan tenaga langsung menggunakan gear sehingga penerusan tenaga lebih optimal, lebih responsive, hemat bahan bakar dan belt lebih awet. Untuk keamanan, mobil ini dilengkapi fitur keamanan spesial tertinggi di kelasnya, yaitu Daihatsu ASA (Advance Smart Assist).

"Kami percaya Daihatsu Rocky menjadi jawaban bagi mereka yang mencari mobil impian dengan desain stylish dan sederet fitur terkini dan harga yang bersaing. Daihatsu Rocky sangat cocok dikendarai dan memberi kebanggaan bagi penggunanya," ujarnya.

Perjalanan rombongan test drive kemudian melanjutkan perjalanan untuk pulang ke Kota Semarang. Beberapa saat setelah berjalan dari lokasi, bar indikator bensin baru berkurang satu. Perjalanan pun dilanjutkan dan kali ini melewati jalan tol. Tentu saja tidak ada kendala dan compact SUV ini asyik untuk diajak ngebut sesuai batas kecepatan di jalan tol.

Uji Daihatsu Rocky di SemarangUji Daihatsu Rocky di Semarang Foto: Angling Adhitya Purbaya/detik.com


Simak Video "Mulai Rp 199 Jutaan, Ini Daftar Harga Terbaru Daihatsu Rocky Januari 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/lth)