Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 28 Agustus 2017, 15:28 WIB

Ototest

Menjinakkan Ferrari 812 Superfast, Ferrari Tercepat Saat Ini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Menjinakkan Ferrari 812 Superfast, Ferrari Tercepat Saat Ini Menjajal Ferrari 812 Superfast di Sirkuit Sepang. (Foto: Rangga Rahadiansyah)
Sepang - Ferrari tak begitu saja menghilangkan mesin natulally-aspirated (N/A). Melalui Ferrari 812 Superfast, pencinta mobil super berlogo kuda jingkrak ini pun bisa menikmati karakter khas mesin N/A.

Tuntutan emisi yang sangat ketat di dunia saat ini membuat banyak pabrikan mobil mulai mencari cara untuk mengatasinya. Misalnya dengan memperkecil kapasitas mesin dan menyematkan turbo sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih efisien dan emisi yang dikeluarkan lebih sedikit.

Ferrari 812 SuperfastFerrari 812 Superfast Foto: Ferrari


Ferrari juga melakukan hal yang sama pada beberapa mobilnya, misalnya Ferrari 488 GTB dan Ferrari Portofino yang akan diluncurkan di Frankfurt Motor Show bulan depan.


Tapi tidak untuk Ferrari 812 Superfast. Menggendong mesin N/A V12 berkapasitas 6.5 liter dan transmisi kopling ganda tujuh percepatan, mobil ini menawarkan kesenangan berkendara khas mobil Ferrari bermesin V12. Kapasitas mesin Ferrari 812 Superfast naik dari 6.2 liter yang digendong pendahulunya, Ferrari F12berlinetta.

Mobil ini pun bisa melesat dengan cepat. Akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh waktu 2,9 detik. Sementara kecepatan tertingginya bisa mencapai 340 km/jam.



Ferrari 812 Superfast pertama kali meluncur secara global di ajang Geneva Motor Show 2017, Maret lalu. Saat ini, mobil ini sudah mendarat di Asia Tenggara, tepatnya di Malaysia.

Ferrari 812 SuperfastFerrari 812 Superfast Foto: Ferrari


Sebelum diperkenalkan di Indonesia pada Oktober mendatang, detikOto mendapat kesempatan untuk menjinakkan Ferrari 812 Superfast di Sirkuit Sepang, Malaysia, akhir pekan kemarin. Tapi, detikOto hanya boleh menyetir Ferrari 812 Superfast dalam satu putaran Sirkuit Sepang, tidak termasuk lintasan lurus start/finish di sirkuit ini.

Meski begitu, detikOto sudah bisa merasakan keganasan mobil ini ketika keluar dari tikungan dan stabilitas saat menikung. Begitu juga soal performa pengeremannya.

Oh ya, Ferrari 812 Superfast yang dikendarai detikOto ini didatangkan langsung dari Maranello, Italia. Jadi, mobil ini masih pakai setir kiri. Awalnya, detikOto beradaptasi terlebih dahulu dengan Ferrari 812 Superfast dengan setir kiri ini.

Menjajal Ferrari 812 Superfast di Sirkuit SepangMenjajal Ferrari 812 Superfast di Sirkuit Sepang Foto: Rangga Rahadiansyah


Dalam kesempatan ini, detikOto menggunakan mode Sport saat menggeber mobil ini. Keluar dari pit lane, detikOto langsung ngegas Ferrari 812 Superfast ini. Rasanya cukup luar biasa. Mobil langsung merespons cepat.

Selepas tikungan ketiga menuju tikungan keempat, terdapat sebuah lintasan lurus yang cukup untuk menggeber mobil ini. DetikOto kembali langsung gaspol. Mobil pun dengan cepat langsung melesat sampai kecepatan tinggi.

Menjajal Ferrari 812 Superfast di Sirkuit SepangMenjajal Ferrari 812 Superfast di Sirkuit Sepang Foto: Rangga Rahadiansyah


Maklum, mesin V12 6.5 liter yang digendong Ferrari 812 Superfast ini mampu menyemburkan tenaga hingga 800 daya kuda pada 8.500 rpm. Torsinya juga cukup tinggi, mencapai 718 Nm pada 7.000 rpm.

Mesin Ferrari 812 Superfast yang dicoba detikOto di Sirkuit SepangMesin Ferrari 812 Superfast yang dicoba detikOto di Sirkuit Sepang Foto: Rangga Rahadiansyah


Tapi, pada 3.500 rpm 80 persen dari torsi maksimal sudah tersedia. Makanya wajar jika mobil ini mampu melesat dengan cepat saat detikOto menggebernya di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Tak cuma asal ngebut, Ferrari 812 Superfast juga harus memiliki performa pengereman yang menggigit. Didukung rem Brembo Extreme dan Hi-Performance ABS, pengurangan kecepatan dari 100 km/jam ke 0 km/jam cuma butuh jarak 32 meter. Menjelang beberapa tikungan di sirkuit Sepang setelah gaspol, detikOto juga merasakan performa pengereman yang menggigit sehingga tak perlu khawatir keluar lintasan ketika memasuki tikungan.

Menjajal Ferrari 812 Superfast di Sirkuit SepangMenjajal Ferrari 812 Superfast di Sirkuit Sepang Foto: Rangga Rahadiansyah


Soal stabilitas, detikOto sempat merasakannya di beberapa tikungan. Mobil ini juga sangat stabil, tak perlu khawatir roda belakang slip saat menikung dengan mobil ini.

Stabilitas Ferrari 812 Superfast didukung oleh sistem four wheel steering. Jadi, roda belakang mobil ini akan sedikit ikut berbelok searah roda depan ketika setir diputar pada kecepatan tinggi. Dan untuk pertama kalinya bagi Ferrari, 812 Superfast ini menggunakan sistem Electric Power Steering (EPS), jadi putaran setirnya lebih enteng.

Sangat nikmat mengendarai Ferrari 812 Superfast ini di Sirkuit Sepang, Malaysia. Apalagi, dengan mempertahankan mesin V12 N/A, Ferrari 812 Superfast memberikan kenikmatan berkendara, terutama raungan mesin khas V12 yang gahar. Benar-benar mobil buas yang bisa dijinakkan. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed