WSBK Mandalika: Toprak Teringat Momen Marc Marquez Terpental

ADVERTISEMENT

WSBK Mandalika: Toprak Teringat Momen Marc Marquez Terpental

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 13 Nov 2022 13:00 WIB
Pembalap tim Aruba.It Racing-Ducati Alvaro Bautista (kiri) mencium motornya dekat pebalap tim Pata Yamaha With BRIXX Toprak Razgatlioglu (kanan) usai menyelesaikan Race 1 WSBK 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/11/2022). Toprak Razgatlioglu tampil dominan dan berhasil memenangi balapan pertama (Race 1) dan sekaligus balapan ke-900 bagi World Superbike (WSBK) yang berlangsung di Sirkuit Internasional Mandalika.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/tom.
Toprak Razgatlioglu Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Jakarta -

Toprak Razgatlioglu, pebalap Pata Yamaha ini wanti-wanti agar kejadian Marc Marquez tidak menimpanya.

Tarik garis ke belakang, Marquez jatuh di sesi warm up Pertamina Grand Prix of Indonesia. Ia terpelanting ke udara, dalam insiden yang lazim disebut kecelakaan highside. Insiden Marc Marquez itu terjadi di sesi pemanasan hari Minggu (20/3) yang lalu. Rider Repsol Honda itu jatuh di Turn 7.

Toprak sempat mengingat insiden mengerikan tersebut. Rider Turki ini menyebut Sirkuit Mandalika masih kotor sedangkan racing line untuk balap masih sedikit.

"Di tikungan enam saya menyentuh garis kotor dan di tikungan tujuh saya menutup gas karena bagian belakang selip. Saya merasa tergelincir setelah saya menyentuh gas. Saya melebar karena tidak mungkin berbelok," kata Toprak.

"Setelah itu, saya ingat Marc Marquez yang mengalami kecelakaan yang sangat besar di sini. Selalu, saya hanya takut pada tikungan tujuh karena Anda hanya memiliki satu jalur dan Anda mencoba untuk melewati jalur ini. Anda selalu memikirkan ini tetapi terkadang membuat kesalahan," sambung dia.

Saat ini Toprak, Alvaro Bautista dan kawan-kawan sedang menjalani race 2 Sirkuit Pertamina Mandalika. Syarat Bautista menjadi juara dunia memiliki keunggulan setidaknya 62 poin atas Toprak usai Race 2 WSBK Mandalika 2022.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association, Priandhi Satria mengakui Sirkuit Mandalika masih kotor. Namun pihak Dorna dikatakan tidak ingin membersihkan sirkuit dengan cara disikat ataupun disiram ataupun dibersihkan dengan mobil road sweeper.

"Dorna Team tidak mau dicuci, dia (Dorna) hanya mau dilewati motor. Dia mau motornya nyedot debunya. Cuma nggak mau dicuci, nggak mau disikat." kata Priandhi saat ditemui di area Sirkuit Mandalika, Sabtu (12/11/2022).

Alasannya lanjut Priandhi, jika sirkuit disikat maka berpotensi terhadap cengkeraman ban. Salah satu solusinya ialah lintasan sering dipakai lewat acara balap atau track day dari komunitas.

"Kotorannya karena debu masuk ke pori-pori. Kelihatan kalau mobil lewat bagian belakangnya seperti mesin sedot ya. Seharusnya sirkuit sering dilewati kendaraan untuk mengangkat debunya. Kalau disikat lapisan karetnya kan hilang. Jadi mereka nggak mau," kata dia,

"Nggak ada (perbaikan lagi), baru kali ini kita bisa menikmati. Jadi habis WSBK, bisa dipakai track day. Besok senin juga sudah ada acara, Jumat, Sabtu, Minggu juga sudah ada acara, sama BMW disewa. Kemudian Desember ada acara, jadi alhamdulillah track day sudah tidak menyita waktu kita lagi ya. Jadi kita bisa berpikir untuk lebih sering mengadakan berbagai event di sini," urai Priandhi.



Simak Video "30 Ribu Tiket WSBK Sudah Terjual, 70% Penonton dari NTB"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT