Formula E Jakarta Cetak Rekor Dunia, Jumlah Penontonnya Paling Banyak

ADVERTISEMENT

Formula E Jakarta Cetak Rekor Dunia, Jumlah Penontonnya Paling Banyak

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 14 Okt 2022 07:49 WIB
Mitch Evans tampil sebagai pemenang Formula E Jakarta 2022. Yuk lihat lagi aksi-aksi pebalap tersebut hingga menjadi juara Formula E.
Formula E Jakarta paling banyak penontonnya (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

FIA Formula E menyebut jumlah penonton untuk Season 8 2021/2022 mengalami peningkatan. Penyumbang terbesar adalah penonton Formula E dari Indonesia.

Dalam rilis yang diterima detikcom, Formula E mengklaim peningkatan jumlah penonton kumulatif Season 8. Jumlah penonton Formula E musim ini memecahkan rekor yang telah dicapai musim sebelumnya.

Musim ini menjadi kalender Formula E terbesar yang pernah ada dengan 16 balapan di 10 kota di dunia, termasuk kembalinya ke kawasan Asia.

"Balapan Jakarta pada bulan Juni adalah balapan Formula E pertama di Asia sejak 2019 dan balapan domestik yang paling banyak ditonton dalam sejarah 100 balapan kejuaraan (Formula E) dengan jumlah penonton kumulatif 27,6 juta di Indonesia," tulis FIA Formula E dalam siaran persnya, Kamis (13/10/2022).

Penonton langsung menjadi mayoritas penonton Formula E. Pada Formula E Season 8 tahun 2021/2022 ini, penonton langsungnya naik 10% menjadi 216 juta. Total pemirsa Formula E naik 20% dengan kumulatif 381 juta.

"Kombinasi konsistensi penjadwalan yang ditingkatkan dan peningkatan cakupan dari balapan yang lebih kompetitif berkontribusi pada peningkatan signifikan dalam interaksi audiens. Total jam menonton untuk balapan Season 8 meningkat sebesar 58% dibandingkan dengan Season 7 dan kejuaraan menikmati peningkatan 28% year on year dalam durasi menonton rata-rata per balapan langsung," katanya.

Jamie Reigle, Chief Executive Officer, Formula E, mengatakan, Formula E sedang membangun basis penggemar global. Jutaan penonton yang bertambah banyak diklaim berkat penjadwalan yang konsisten, presentasi siaran yang ditingkatkan, dan inovasi olahraga seperti format kualifikasi yang mengubah permainan yang telah diterapkan

"Kami berterima kasih kepada jaringan global mitra siaran kami yang berkomitmen atas kontribusi mereka dalam menghadirkan Season 8. Kami akan bekerja sama untuk membangun momentum kami dan memperkuat kemunculan Formula E sebagai olahraga arus utama untuk generasi berikutnya," kata dia.

Gelaran Formula E Season 8 sudah selesai dengan seri Seoul sebagai penutupnya. Stoffel Vandoorne muncul sebagai Juara Dunia.

Sementara untuk Season 9, Jakarta akan kembali menggelar Formula E. Bahkan, Jakarta menggelar dua balapan Formula E pada 3-4 Juni 2023.



Simak Video " Formula E Jakarta Start Besok, Ini Jadwal Lengkapnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT