Nyaris Berdiri di Podium, Adik Valentino Rossi Bilang Begini

ADVERTISEMENT

Nyaris Berdiri di Podium, Adik Valentino Rossi Bilang Begini

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 22 Agu 2022 07:08 WIB
Luca Marini di MotoGP Qatar
Luca Marini finis keempat di MotoGP Austria. Foto: MotoGP
Jakarta -

Luca Marini nyaris berdiri di podium MotoGP Austria. Adik Valentino Rossi itu harus puas menyelesaikan balapan di posisi keempat dengan catatan waktu 8,348 detik lebih lambat ketimbang sang jawara Pecco Bagnaia. Bagi Marini, hasil ini merupakan yang terbaik sepanjang kariernya di kelas MotoGP.

"Sebenarnya sama baiknya dengan di Sachsenring, kecuali bagian Jorge Martin crash di akhir, dan saya bisa mendapatkan posisi lebih baik," jelas Marini dikutip Speedweek.

"Kecepatan saya cukup bagus, saya sebenarnya bisa bertarung untuk mendapatkan podium. Sayangnya, saya harus memulai balapan dari belakang. Ini adalah musibah di MotoGP," kata Marini.

Pebalap yang menunggangi Ducati Desmosedici GP22 itu menjelaskan, dirinya bisa saja lebih memangkas jarak dengan pebalap di depan. Namun, jika dipaksakan ban belakang akan habis dan masalah lain pun akan muncul.

"Saya telah mencobanya di Silverstone, tapi di enam lap terakhir saya seperti berkendara di atas es. Kamu juga tidak lagi bisa berakselerasi, sehingga harus siap menerima konsekuensi lebih besar dengan kondisi rem. Tapi karena semua pebalap mengerem telat, ini tidak mudah. Saya memiliki kecepatan yang sama dengan tiga pebalap depan, ini membuat saya sangat senang," tambah Marini.

Marini juga menyoroti soal kehadiran 'chicane' baru di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg. Baginya, untuk Ducati justru keberadaan 'chicane' di putaran kedua justru menyulitkan pebalap untuk menyalip.

"Sangat sulit untuk menyalip di putaran 2a, tapi memudahkan di putaran tiga. Karena kamu bisa mencobanya, itu tidak lagi berbahaya. Saat sampai di situ kamu harus memiliki kecepatan 320-330 km/jam di slipstream. Kemudian kamu mengerem di posisi gigi tiga sebelum tikungan ini 10 meter setelahnya, kalau itu tidak berhasil kamu akan menjauh," beber Marini.

Pencapaian di MotoGP Austria ini mengantarkan Marini naik ke posisi 13 klasemen sementara. Sepanjang musim 2022, Marini telah mengantongi 69 poin atau masih terpaut 131 poin dari pemuncak klasemen Fabio Quartararo.



Simak Video "Industri Kendaraan Listrik Indonesia Bisa Taklukkan Thailand!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT