ADVERTISEMENT

Peluang Toprak Razgatlioglu ke MotoGP, Bisa ke Pabrikan Mana Saja

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 03 Jul 2022 14:08 WIB
Toprak Razgatlioglu dan Cal Crutchlow usai tes YZR-M1 di SIrkuit Aragon, Selasa (22/6/2022)
Foto: Toprak Razgatlioglu dan Cal Crutchlow usai tes YZR-M1 di SIrkuit Aragon, Selasa (22/6/2022) (Dok. WSBK)
Jakarta -

Pebalap World Superbike (SBK) Toprak Razgatlioglu santer dikabarkan akan bergabung ke MotoGP. Namun dipastikan pebalap asal Turki itu masih berkiprah di WorldSBK tahun depan. Hal itu ditegaskan oleh manajernya Kenan Sofuoglu.

Juara WorldSBK itu sangat terkait dengan kursi di paddock MotoGP selama beberapa musim terakhir, terutama selama musim 2022. Toprak juga sempat menjajal motor MotoGP Yamaha YZR-M1 bersama Yamaha Factory Test Rider Cal Crutchlow dalam tes provat di MotorLand Aragon awal Juni.

Meski begitu, Sofuoglu menegaskan bintang Turki itu akan tetap berada di WorldSBK pada 2023 dan mengesampingkan kabar kepindahan ke Yamaha di MotoGP untuk musim depan.

"Satu hal yang jelas: tim pabrikan MotoGP Yamaha telah merekrut Quartararo. Jadi (Toprak) tidak punya peluang," kata Sofuoglu dikutip MotoGP.com.

"Mereka berbicara tentang tim B (tim satelit) tetapi selalu ketika saya berbicara dengan Yamaha, saya mengatakan kepada mereka bahwa kami tidak pernah tertarik untuk berada di MotoGP dengan tim B. Jika kita datang ke MotoGP, hanya di tim pabrikan. Tanpa itu, kami tidak tertarik," tegasnya.

Diketahui, Pada 2023, Yamaha hanya akan memiliki dua motor di grid setelah WithU RNF mengonfirmasi bahwa mereka akan beralih ke mesin Aprilia. Franco Morbidelli sudah mendaftar untuk tahun 2023, dan Monster Energy Yamaha MotoGP mengkonfirmasi line-up pabrikan mereka yang tidak berubah dengan mengumumkan Fabio Quartararo menandatangani kontrak dua tahun. Artinya, tidak ada ruang di tim Yamaha MotoGP untuk Razgatlioglu.

"Yamaha telah kehilangan tim kedua mereka dan tim pabrik mereka penuh, jadi kami akan berada di WorldSBK tahun depan," lanjut Sofuoglu.

"Satu hal yang jelas, pada 2024 kami dapat berbicara dengan merek apa pun, tim MotoGP mana pun. Tapi jika Toprak datang ke paddock MotoGP, dia tidak akan datang dengan tim B (tim satelit). Jika dia datang ke paddock, itu hanya dengan tim resmi. Tanpa itu dia akan bertahan di WorldSBK. Saya akan menempatkan pembalap saya hanya di tim resmi (tim pabrikan)," katanya.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT