ADVERTISEMENT

RNF Beralih ke Aprilia, Toprak Dipastikan Nggak Dapat Jatah di MotoGP

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 30 Mei 2022 18:05 WIB
Pembalap Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu menunjukkan trofi SBK Tissot Superpole usai sesi kualifikasi WSBK Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (20/11/2021). Toprak Razgatlioglu berhasil meraih posisi superpole sekaligus menjadi
Foto: Toprak Razgatlioglu takkan gabung MotoGP tahun depan. (ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU)
Jakarta -

RNF Racing dipastikan meninggalkan Yamaha musim depan. Tim besutan Razlan Razali itu bakal menggandeng Aprilia musim 2023 mendatang. Hal ini membuat tak ada ruang bagi Toprak Razgatlioglu untuk masuk MotoGP.

Dikutip dari situs resmi World Superbike, pebalap Pata Yamaha with Brixx WorldSBK asal Turki itu harus menunggu setidaknya hingga 2024 untuk beralih ke MotoGP. Hal itu dipastikan oleh bos Yamaha Motor Racing Lin Jarvis, yang juga Ketua Tim Monster Energy Yamaha MotoGP.

Beralihnya RNF Racing ke Aprilia selama 2023 dan 2024 membuat Yamaha hanya akan memiliki dua motor di MotoGP. Dua motor Yamaha itu hanya di tim pabrikan. Ini berarti peluang Toprak Razgatlioglu ke MotoGP musim depan kandas, soalnya tim pabrikan Yamaha tetap akan diperkuat oleh Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

"Jelas berita tidak memiliki tim satelit ini, bagaimanapun, berarti kami tidak punya tempat, titik, karena kami hanya akan memiliki dua motor di tim pabrikan," ujar Lin Jarvis.

Lin Jarvis bicara soal Toprak Razgatlioglu yang akan menguji motor MotoGP Yamaha. Dia bilang, momen itu untuk menunjukkan minat Toprak mencoba motor MotoGP.

"Kedua, itu adalah sedikit hadiah dari Yamaha untuk kemenangannya tahun lalu (Juara Dunia World Superbike 2021) dan komitmennya yang berkelanjutan dengan Yamaha untuk masa depan. Jadi, saya pikir target terbesar untuk tes itu tetap sama. Santai, uji, nikmati, dan alami motor MotoGP, untuk merasakan seperti apa rasanya jika dia memilih untuk pindah di masa depan," ucap Lin Jarvis.

Toprak Razgatlioglu akan mendapatkan kesempatan untuk menguji motor MotoGP Yamaha YZR-M1 dalam beberapa minggu mendatang saat ia melanjutkan pertahanan gelar WorldSBK-nya.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT