'Toprak Setara Marquez dan Stoner'

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 23 Mei 2022 12:03 WIB
Pebalap Toprak Razgatlioglu sukses menjadi juara dunia WSBK 2021. Toprak mengunci gelar juara usai finis kedua saat balapan di Sirkuit Mandalika.
Toprak Razgatlioglu Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
Jakarta -

Toprak Razgatlioglu pebalap World Superbike santer dibicarakan bakal hijrah ke MotoGP. Bos tim Pata Yamaha, Paul Denning menegaskan pebalap Turki ini memang pantas bersaing di kelas utama MotoGP.

Denning yang pernah menangani tim MotoGP tak segan bilang bakat Toprak sudah setara juara dunia MotoGP seperti Casey Stoner dan Marc Marquez.

"Dia lebih berbakat daripada pembalap mana pun yang pernah bekerja dengan saya," ucap Denning.

Denning pernah menangani tim Suzuki Rizla, Suzuki sendiri pernah menggunakan jasa Loris Capirossi, Chris Vermeulen, Ben Spies, hingga pacar Nikita Mirzani, John Hopkins. Menurutnya, Toprak lebih baik, bahkan levelnya setara juara dunia MotoGP.

"Dan sama berbakatnya dengan pembalap mana pun yang pernah saya lihat. Casey Stoner dan Marc Marquez berada di level yang lebih tinggi, dan saya akan menempatkan Toprak bersama mereka," tambah dia.

"Hal-hal yang bisa dia lakukan di atas motor, kami belum pernah melihat yang seperti itu; tekanan rem depan yang luar biasa, begitu banyak penguncian depan, begitu banyak sudut miring dengan roda belakang di udara, dan hanya perasaan dan pemahaman yang dia miliki. Itu berarti dia menjadi atlet alami. Hal-hal yang bisa dia lakukan dari sudut pandang keseimbangan, mobilitas, dan kekuatan inti, kebanyakan atlet tidak bisa melakukannya, apalagi pengendara normal," kata Denning.

Juara World Superbike 2021, Toprak Razgatlioglu dijadwalkan menjajal motor MotoGP YZR-M1 bulan Juni 2022. Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, bilang slot pebalap Turki itu hanya tersedia pada tim satelit andai bergabung pada 2023.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)