Bukan untuk MotoGP atau WSBK, Honda Civic RS Jadi Safety Car Mandalika

Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 22 Mei 2022 17:37 WIB
All New Honda Civic RS Safety Car
All New Honda Civic RS diplot sebagai safety car di Sirkuit Mandalika (dok. Honda Prospect Motor)
Jakarta -

All New Honda Civic RS diplot sebagai safety car di Sirkuit Mandalika. Namun bukan untuk gelaran MotoGP ataupun WSBK, sedan Honda ini ditugaskan untuk mengawal gelaran Mandalika Track Day 2022 yang digelar pada Sabtu hingga Minggu (21-22/5/22) ini di Pertamina Mandalika International Circuit.

Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, lini Civic sangat cocok menjadi sebuah safety car lantaran image balap yang kental. Selain itu, sebelum menjadi safety car di Mandalika, sedan legendaris Honda ini juga sudah mengawal ajang balap ISSOM di Sirkuit Sentul.

All New Honda Civic RS Safety CarAll New Honda Civic RS diplot sebagai safety car di Sirkuit Mandalika Foto: dok. Honda Prospect Motor

"Honda Civic merupakan salah satu produk Honda yang legendaris di Indonesia dan juga secara global. Honda Civic generasi kesebelas ini tampil dengan model yang sporty yaitu Honda Civic RS. Pada awal tahun 2022 ini, Honda Civic RS mulai digunakan sebagai Safety Car di Sirkuit Sentul karena memiliki karakter sporty yang cocok dengan image balap yang memang sudah melekat pada model legendaris Honda ini," ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM lewat keterangan resminya.

Ajang Mandalika Track Day 2022 ini digelar oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA) bekerjasama dengan In-Journey dan juga ITDC. Selama dua hari, Sirkuit Pertamina Mandalika akan dibuka untuk kendaraan roda dua hingga roda empat.

"Mandalika Track Day ini merupakan acara MGPA dengan kegiatan motorsport baik roda 2 maupun roda 4 yang diberikan izin untuk memasuki dan merasakan lintasan Pertamina Mandalika International Circuit yang akan dilangsungkan pada tanggal 21-22Mei 2022," papar Priandhi Satria selaku Direkur Utama MGPA lewat keterangan resmi yang diterima oleh detikOto.

Priandhi juga menjelaskan tujuan utama dari acara yang dibuat oleh MGPA ini adalah untuk memperkenalkan Sirkuit Pertamina Mandalika kepada penggemar otomotif baik pembalap maupun komunitas.

Sebuah Safety car melintas di lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (18/11/2021). Sehari menjelang rangkaian agenda World Superbike dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) kesibukan di Sirkuit Pertamina Mandalika mulai padat, seluruh kru penyelenggara dan tim pebalap hari ini melakukan persiapan untuk sesi latihan bebas hingga balapan 19-21 November 2021. ANTARA FOTO/Ahmad SubaidiSebuah Safety car melintas di lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (18/11/2021). Sehari menjelang rangkaian agenda World Superbike dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) kesibukan di Sirkuit Pertamina Mandalika mulai padat, seluruh kru penyelenggara dan tim pebalap hari ini melakukan persiapan untuk sesi latihan bebas hingga balapan 19-21 November 2021. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Tentang safety car di Sirkuit Pertamina Mandalika, jauh sebelum Honda Civic RS, Hyundai i30 Fastback N menjadi safety car pertama yang mengaspal di sini. Hot hatch andalan Hyundai tersebut, menjadi safety car pada ajang WSBK 2021 yang digelar pada 19-21 November 2021.

Sedangkan untuk MotoGP Mandalika, safety car yang dipercaya untuk mengawal Fabio Quartararo Cs adalah BMW M2 CS dan BMW M3 Competition Safety Car. Mobil asal Jerman ini, sempat bergantian mondar-mandir memantau kondisi sirkuit yang diguyur hujan lebat saat gelaran balap utama MotoGP Mandalika 2022 pada Minggu (20/3/22).

Sementara itu, MGPA juga punya safety car khusus untuk Pertamina Mandalika International Street Circuit. Berbeda dari mobil-mobil sebelumnya, MGPA memilih kendaraan listrik BMW 330e M Sport untuk mengawal sirkuit kebanggaan Indonesia ini.



Simak Video "Canggih! Kesan Pertama All New Civic RS dan All New City"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)