MotoGP Tanyakan Sirkuit Pembuka 2023, Warganet Serukan Mandalika!

Tim detikcom - detikOto
Sabtu, 21 Mei 2022 18:20 WIB
LOMBOK, INDONESIA - MARCH 20: MotoGP rider Miguel Oliveira #88 of Portugal and Red Bull KTM Factory Racing celebrates with the trophy during the victory ceremony after winning the MotoGP Grand Prix of Indonesia at Mandalika International Street Circuit on March 20, 2022 in Lombok, Indonesia. (Photo by Robertus Pudyanto/Getty Images)
Foto: Mandalika diusulkan menjadi seri pembuka MotoGP 2023. Getty Images/Robertus Pudyanto
Jakarta -

Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, tak akan menjadi seri pembuka MotoGP tahun 2023. Sebab, sirkuit yang biasanya menjadi seri pembuka MotoGP dari tahun ke tahun itu sedang dilakukan renovasi.

Muncul rumor bahwa Sirkuit Mandalika akan menjadi balapan perdana tahun depan. Sebab, Mandalika telah sukses menggelar seri kedua MotoGP 2022.

Akun media sosial MotoGP pun memberikan pertanyaan kepada warganet terkait seri pembuka MotoGP.

"Di mana Anda ingin musim MotoGP 2023 dimulai?" tulis MotoGP disertai keterangan bahwa Losail tak akan menjadi seri pembuka MotoGP musim depan.

Unggahan ini diserbu warganet Indonesia. Bahkan, akun instagram resmi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) turut mengomentari. "Mandalika aja," tulis akun MGPA.

[Gambas:Instagram]



Banyak pula warganet dari Indonesia yang berharap Mandalika menjadi seri pembuka MotoGP 2023.

Memang, seri MotoGP Mandalika berpeluang untuk menggantikan posisi MotoGP Qatar sebagai balapan perdana. Sebab, jika berkaca pada kalender balap musim ini MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika merupakan balapan kedua.

Vice President Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda mengatakan, hingga saat ini belum ada kabar mengenai Sirkuit Mandalika akan jadi seri pembuka di musim depan. Sampai sekarang, belum ada pembicaraan antara pihak Dorna dengan MGPA terkait hal tersebut.

"Mengenai seri pembuka belum ada pembicaraan dengan Dorna sejauh ini," kata Cahyadi saat dihubungi detikcom, baru-baru ini.

Menurut Cahyadi, jika Sirkuit Mandalika telah ditunjuk sebagai seri pembuka oleh Dorna tentu ada sejumlah hal yang harus dipersiapkan. Tak hanya soal kondisi di trek, beberapa faktor pendukung lainnya juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum race dimulai.

"Bukan masalah aspal saja yang menjadi concern (perhatian), tentu timeline promosi dan strategi komersilnya juga harus disiapkan kalau memang ditunjuk menjadi seri pembuka," paparnya.

Selain Mandalika, ada beberapa nama yang diisukan menjadi seri pembuka MotoGP. Di antaranya adalah MotoGP Australia yang berlangsung di Sirkuit Philip Island, mengingat jaraknya yang tak terlalu jauh dengan Indonesia jika Mandalika tetap menjadi seri kedua MotoGP tahun depan.

Hingga kini, MotoGP belum merilis kalender balap untuk musim 2023. Sehingga belum dipastikan sirkuit mana yang menjadi seri pembuka MotoGP 2023.



Simak Video "MGPA Buka Suara Soal Rumor Mandalika Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)