Qatar Tidak Akan Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023, Pindah ke Mandalika?

Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 17 Mei 2022 06:30 WIB
DOHA, QATAR - MARCH 06: The MotoGP riders start from the grid during the MotoGP race during the MotoGP of Qatar at Losail Circuit on March 06, 2022 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images,)
Qatar tidak akan menjadi seri pembuka bagi MotoGP 2023 (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Sejak 2007, MotoGP selalu memulai seri balap tahunannya di Sirkuit Internasional Losail, Qatar. Namun mulai 2023, Qatar tak akan lagi menjadi seri pembuka MotoGP.

"Losail akan menjadi tuan rumah Grand Prix Qatar 2023 setelah pekerjaan selesai, yang berarti acara tersebut tidak akan menjadi putaran pembukaan, seperti yang terjadi pada tahun 2007," tulis MotoGP lewat keterangan resmi yang mereka publikasikan pada Minggu (15/5/22).

Sirkuit Losail dikabarkan tengah berbenah pada tahun ini. Beberapa area dibangun ulang untuk memberikan pengalaman yang lebih menarik bagi semua orang yang terlibat pada gelaran MotoGP, tak terkecuali bagi para penggemar yang hadir untuk menyaksikan balap.

"Proyek renovasi akan mulai terbentuk pada tahun 2022 dan akan melihat berbagai area dibangun kembali untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi semua orang yang berlomba," tulis MotoGP.

"Hal ini ditujukan untuk siapapun yang mengunjungi venue mulaidari pengendara dan tim hingga penggemar dan tamu. Itu termasuk area baru untuk penonton, menjadikan Lusail sebagai sirkuit yang benar-benar bernilai seni tinggi dan canggih," lanjut mereka.

Absennya Losail sebagai sirkuit pembuka bagi MotoGP 2023 tak berarti membuat nama Qatar hilang dari kalender balap tahunan. Trek yang berlokasi di utara kota Doha ini tercatat sudah pasti jadi tuan rumah MotoGP hingga setidaknya 2031.

"Lintasan ini sudah dikonfirmasi di kalender MotoGP hingga setidaknya 2031. Pengerjaan renovasinya akan membuat Losain sebagai venue motorsport unggulan Timur Tengah dan semakin menegaskan statusnya sebagai salah satu fasilitas balap dengan perlengkapan terbaik di dunia," tulis MotoGP.

Jika melihat pada kalender MotoGP 2022, seri pembuka di Qatar berlangsung pada awal Maret 2022. Selanjutnya disusul oleh seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika.

Absennya Qatar sebagai seri pembuka MotoGP 2023, membuat kans Mandalika sebagai seri pembuka terbuka lebar. Beberapa media asing pun mengamini hal ini. Selain Mandalika, sirkuit lain yang juga dijagokan sebagai seri pembuka adalah Philip Island, Australia.

Namun hingga berita ini ditayangkan, MotoGP belum merilis kalender balap resmi untuk musim 2023. Sehingga kepastian Mandalika menjadi seri pembuka 2023 belum dapat dipastikan.



Simak Video "Aleix Espargaro Lempar Helm ke Fans di Mandalika, Berapa Harganya?"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/dry)