RNF Tinggalkan Yamaha! Pilih Jadi Tim Satelit Aprilia di 2023

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 27 Mei 2022 18:40 WIB
Pembalap WithU Yamaha RNF Andrea Dovizioso
RNF Racing akan tinggalkan Yamaha (Foto: ANDIKA WAHYU/ANTARA FOTO)
Jakarta -

Pertama kali dalam sejarah MotoGP, Aprillia akan punya empat motor yang turun di lintasan. RNF Racing, tim balap yang sebelumnya menggunakan Yamaha YZR-M1, akan bergabung bersama Aprilia.

RNF Racing akan menjadi tim satelit bagi Aprilia di musim 2023. Tim yang digawangi oleh Razlan Razali ini akan menggunakan Aprilia RS-GP. Kontraknya multi-tahun, berdurasi dua musim, dan dapat diperpanjang dua tahun lagi.

RNF Racing punya visi mengembangkan pebalap yang pada akhirnya naik ke tim pabrik. Sesuai dengan peran RNF Racing sebagai tim pengembangan untuk Aprilia Racing.

"Kami akan membantu mereka dalam pengembangan untuk memastikan bahwa kami terus kompetitif. dan akhirnya menang bersama Aprilia Racing," ujar Razali."Kami sangat senang atas kemitraan jangka panjang dengan Aprilia Racing ini. Filosofi kami tetap bekerja sama dengan tim pabrikan untuk mengembangkan pebalap yang suatu hari akan menjadi pembalap pabrikan Aprilia," ujar Razlan Razali dalam keterangan resminya, Jumat (27/5/2022).

"Saya harus berterima kasih kepada Massimo (CEO Aprilia Racing) atas kepercayaan, dan keyakinannya pada kami. Kami benar-benar menantikan musim tahun depan dan kemitraan baru ini," tambah dia.

Massimo Rivola, Razlan RazaliRNF Racing bergabung dengan Aprilia musim depan Foto: Dok. MotoGP

Belum diketahui siapa pebalap yang akan membela tim satelit Aprilia. Aleix Espargaro dan Maverick Vinales dipastikan tetap menjadi pebalap pabrikan Aprilia usai mendapat kontrak baru.

Tim satelit Yamaha memang tidak bisa menembus podium dalam dua tahun terakhir sejak ditinggal Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo ke tim pabrikan Yamaha.

Pada musim 2022 misalnya, hasil terbaiknya finis di posisi ke-11 saat melakoni MotoGP Portugal pada musim 2022. Itu dicapai oleh runner up MotoGP tiga kali, Andrea Dovizioso.

Rider asal Forli itu juga belum pernah menembus 10 besar dari tujuh race yang sudah digelar pada MotoGP 2022. Meski begitu, Razlan Razali berterimakasih dengan Yamaha.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Yamaha untuk tahun-tahun terakhir ini sudah bekerja bersama dan tumbuh bersama. Namun, kami akan tetap fokus bekerja keras musim ini untuk meningkatkan hasil kami bersama Yamaha dengan baik," tambah dia.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)