KTM Minta Dilarang, Ini Fungsi Winglet di Motor MotoGP

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 26 Mei 2022 10:10 WIB
Repsol Honda resmi meluncurkan motor barunya untuk MotoGP 2021. Dua pebalapnya Marc Marquez dan Pol Espargaro hadir dalam peluncuran tersebut.
Winglet di motor MotoGP Honda RC213V. Foto: Istimewa/Repsol Honda Team
Jakarta -

KTM mengusulkan agar perangkat winglet tidak digunakan lagi di MotoGP untuk masa mendatang. Menurut KTM, perangkat winglet membuat balapan jadi membosankan. Kok bisa? Memang sebenarnya seperti apa fungsi utama winglet di motor MotoGP?

Beberapa pebalap MotoGP seperti Marc Marquez telah mengeluhkan penggunaan winglet di motor MotoGP. Sebab perangkat ini dianggap telah membatasi kemampuan seorang rider untuk menyalip pebalap di depannya. Hal ini juga diamini oleh Direktur Olahraga KTM, Pit Beirer.

"Hal yang serius adalah bahwa rider tidak dapat lagi merencanakan manuver menyalip yang normal. Mereka harus relatif dekat untuk dapat kesempatan menyalip. Tapi jika Anda terlalu dekat dengan pengendara di depan, roda depan terlalu panas, jadi Anda harus menjaga jarak. Tapi jika Anda menjauh, di ujung lurus mereka terlalu jauh untuk memulai manuver menyalip. Dan sebagainya," kata Beirer kepada Speedweek.

Ducati Desmosedici GP22Integrated winglet pada Ducati Desmosedici GP22 Foto: Ducati

"Itulah mengapa kami lihat balapan yang sangat membosankan seperti di Jerez, karena para pebalap kesulitan menyalip, sesuatu yang juga dikritik Marc Marquez. Itulah sebabnya ada banyak kesepakatan di antara para pebalap bahwa sayap terkadang menyebabkan balapan yang sangat membosankan dan manuver menyalip yang sangat berbahaya. Akibatnya, ketidakpuasan dengan winglet semakin meningkat. Fakta bahwa mereka pecah jika terjadi tabrakan atau jatuh, (winglet akan) meninggalkan potongan karbon di aspal, dipandang sebagai kekurangan keselamatan lainnya," sambung Beirer.

Sebagai informasi, winglet merupakan perangkat aerodinamika yang digunakan di motor-motor MotoGP. Pada awalnya winglet berbentuk seperti perangkat sayap tambahan yang terpasang secara terpisah di fairing motor. Namun karena Dorna melarang penggunaan winglet pada 2017, maka tim-tim MotoGP pun berusaha memodifikasi winglet tersebut agar tak menyalahi aturan. Maka itu hadirlah integrated winglet atau winglet yang menyatu dengan bodi kendaraan MotoGP seperti yang kita kenal sekarang ini. Bentuk winglet ini menyatu di bagian fascia dan ada juga yang dipasang di fairing.

DOHA, QATAR - MARCH 18:  Andrea Iannone of Italy and Ducati Team rounds the bend during the MotoGp of Qatar - Free Practice at Losail Circuit on March 18, 2016 in Doha, Qatar.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Winglet seperti inilah yang dilarang di MotoGP Foto: Getty Images/Mirco Lazzari

Lalu apa sih fungsi utama dari winglet ini? Dikutip dari laman Astra Honda Motor (AHM) winglet MotoGP memiliki tugas penting dalam meningkatkan sektor aerodinamika motor dengan cara mengurangi angka coefisien drag, atau hambatan udara.

Secara garis besar, winglet mirip dengan sayap pesawat terbang juga sayap di mobil-mobil balap seperti F1. Winglet akan membelah sekaligus menyalurkan arah udara yang menghambat laju kendaraan.

Dengan menggunakan winglet, motor akan terasa lebih mudah saat beradu di trek lurus. Selain itu, sudut winglet juga dapat menambah daya tekan motor ke aspal atau downforce yang dapat berefek mengurangi gejala wheelie saat keluar tikungan.

(lua/riar)