Belum Tokcer di Yamaha, Dovizioso: Kasusnya Mirip Marquez sama Honda

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 26 Mei 2022 09:31 WIB
Pembalap WithU Yamaha RNF Andrea Dovizioso
Andrea Dovizioso Foto: ANDIKA WAHYU/ANTARA FOTO
Jakarta -

Andrea Dovizioso tak kunjung tampil oke sejak bergabung dengan tim satelit RNF Yamaha. Eks rider Ducati ini merasa situasi Yamaha mirip dengan kasus yang dialami dengan Honda.

Dovizioso tampil bersama Yamaha RNF sejak September 2021. Hasil terbaiknya finis di posisi ke-11 saat melakoni MotoGP Portugal pada musim 2022.

Dovizioso juga belum pernah menembus 10 besar dari tujuh race yang sudah digelar pada MotoGP 2022. Hasil ini belum menunjukkan statusnya sebagai runner up MotoGP secara beruntun pada 2017, 2018, dan 2019.

Rider 36 tahun itu mengungkapkan hanya Fabio Quartararo yang jadi konsentrasi pabrikan Yamaha. Orang Prancis itu punya feeling yang tepat dengan motor, dan belum tentu bisa dilakukan rider Yamaha lainnya.

"Motornya sangat bagus di beberapa area karena Fabio menunjukkan hal-hal yang sangat luar biasa," kata Dovizioso dikutip dari Autosport, Kamis (26/5/2022).

"Tapi itu satu-satunya cara untuk menjadi cepat, menurut saya, dengan motor ini sekarang. Jadi, jika Anda tidak mengendarai dengan cara ini dan Anda tidak melakukan banyak seperti dia [dalam pengereman] dan melakukan banyak kecepatan di tengah tikungan," tambah Dovizioso.

Dovizioso juga bilang situasi ini seperti yang dialami Honda. Bikin repot saat Marc Marquez cedera, sebab motor RC213V hanya cocok buat The Baby Aliens.

"Menurut saya, Yamaha berada dalam situasi yang sangat mirip dengan Marc dan Honda dalam enam tahun terakhir - dengan cara yang berbeda, karena motornya benar-benar berbeda," ujar Dovizioso.

"Sekarang kasusnya mirip dengan Honda. Hanya satu pebalap yang bisa memanfaatkan potensi dan membuat jarak yang jauh dibandingkan pebalap lainnya." tambah Dovizioso.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)