MotoGP FInlandia 2022 Resmi Dibatalkan! Ini Alasannya

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 26 Mei 2022 07:00 WIB
Sirkuit Kymiring
MotoGP Finlandia 2022 resmi dibatalkan karena dua alasan. Foto: Twitter.com/motogp
Jakarta -

MotoGP Finlandia 2022 yang sedianya diselenggarakan bulan Juli resmi dibatalkan. Keputusan ini diambil oleh FIM, IRTA dan Dorna Sports dengan berbagai pertimbangan, antara lain karena proses homologasi yang belum tuntas, serta adanya risiko yang disebabkan situasi geopolitik yang sedang berlangsung di wilayah tersebut.

Dorna Sports resmi mengumumkan pembatalan MotoGP Finlandia yang sedianya akan diselenggarakan di Sirkuit KymiRing. Keputusan ini diumumkan pada Rabu, 25 Mei 2022, di situs resmi MotoGP dan berbagai platform media sosial MotoGP.

Dalam pernyataannya, Dorna Sports menyebut pembatalan MotoGP Finlandia 2022 dilakukan lantaran proses homologasi masih terus dilakukan di Sirkuit KymiRing. Selain itu, di sekitar negara Finlandia sedang terjadi konflik perang, yang tentunya menghadirkan risiko tersendiri jika tetap dilaksanakan.

"Pekerjaan homologasi di KymiRing, bersama dengan risiko yang disebabkan oleh situasi geopolitik yang sedang berlangsung di wilayah tersebut, dengan sedih (kami) harus membatalkan Grand Prix Finlandia pada tahun 2022," tulis pernyataan resmi Dorna Sports di laman MotoGP.

"Keadaan saat ini telah menimbulkan penundaan dan menempatkan pekerjaan yang sedang berlangsung di sirkuit baru dalam risiko. Karena itu, semua pihak telah sepakat bahwa debut trek ini harus ditunda hingga 2023, ketika MotoGP berharap untuk kembali ke Finlandia untuk pertama kalinya dalam empat dekade."

Pihak penyelenggara MotoGP memutuskan tidak mencari venue pengganti MotoGP Finlandia. Oleh karena itu, kalender Kejuaraan Dunia MotoGP 2022 akan dilangsungkan selama 20 seri.

Sirkuit KymiringSirkuit Kymiring Foto: Twitter.com/motogp
(lua/din)