ADVERTISEMENT

Quartararo Sebut Toprak Razgatlioglu Pantas Naik Kelas ke MotoGP

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 26 Jun 2022 18:45 WIB
Toprak Razgatlioglu dan Cal Crutchlow usai tes YZR-M1 di SIrkuit Aragon, Selasa (22/6/2022)
Toprak Razgatlioglu usai menjajal YZR-M1 Foto: WSBK
Jakarta -

Juara Dunia World Superbike (SBK) Toprak Razgatlioglu diisukan bakal naik kelas ke MotoGP. Meski kursi pebalap MotoGP musim depan sudah tidak ada, pebalap asal Turki itu sudah menjajal motor MotoGP Yamaha YZR-M1.

Fabio Quartararo mengomentari performa Toprak Razgatlioglu saat menjajal M1 di Aragon menjelang MotoGP Belanda. Pebalap Turki berusia 25 tahun itu menyelesaikan total 40 lap bersama pebalap penguji Yamaha Cal Crutchlow.

"Dari sudut pandang saya, dia adalah pebalap yang sangat berbakat. Anda dapat melihat dari gaya balapnya. Atau, misalnya, dari penyelamatan di Estoril, bagaimana dia 'mendorong' motor Yamaha sampai batasnya. Saya pikir dia punya potensi untuk pindah ke MotoGP," kata Quartararo seperti dikutip Speedweek.

Namun, Quartararo memperingatkan bahwa MotoGP sangat berbeda dengan Superbike. Dia juga memperkirakan Toprak sudah paham akan hal itu.

"Motor MotoGP jauh lebih kaku yang harus ditangani dengan sangat berbeda. Tapi jika dia termotivasi penuh untuk berada di MotoGP, dia pasti bisa menjadi pebalap yang sangat cepat," ucap Quartararo.

Toprak sendiri sudah paham dengan karakter motor MotoGP. Dia mengakui motor MotoGP sangat berbeda dengan Superbike.

"Ini adalah hari pertama saya di motor Yamaha M1 MotoGP dan rasanya sangat berbeda dengan R1 saya. Lebih banyak tenaga kuda, elektronik berbeda, girboks mulus, semuanya benar-benar baru bagi saya," ujar Toprak dikutip dari laman WSBK, Rabu (22/6/2022).

Toprak mengakui bahwa sulit beradaptasi dengan motor prototipe. Pasalnya motornya lebih kencang! Dia terbantu dengan pebalap penguji Yamaha, Cal Crutchlow yang menemaninya turun ke lintasan.

"Dengan setiap lap saya belajar lebih banyak, karena setelah WorldSBK tidak mudah beradaptasi dengan mesin MotoGP™. Untungnya, saya memiliki Cal Crutchlow untuk memberikan saran dan dia dapat banyak membantu saya. Motornya terasa enak, terutama di lintasan lurus yang sangat cepat, dan menarik untuk merasakan rem karbon," tambah Toprak.

"Saat saya menonton motor MotoGP™ di televisi di sini di Aragon, Anda bisa melihatnya agak bergelombang, dan saya bisa merasakannya di sini hari ini. Tidak terlalu buruk, Anda harus menjaga gas tetap terbuka untuk melewati gundukan, karena jika Anda menutup maka menjadi lebih tidak stabil. Secara keseluruhan, tes yang sangat positif, bahkan jika itu dipersingkat oleh hujan sore ini, yang berarti saya tidak mendapatkan lap sebanyak yang saya miliki," ungkap dia.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT