ADVERTISEMENT

Resmi! Alex Marquez Bakal Tinggalkan Honda, Geber Motor Ducati

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 26 Jun 2022 16:18 WIB
Alex Marquez pindah ke Gresini Racing
Fabio Diggiantonio dan Alex Marquez jadi tim di Gresini Racing Foto: Gresini Racing
Jakarta -

Alex Marquez menyepakati kontrak bersama tim baru Gresini Racing. Adik dari Marc Marquez itu akan menunggangi motor Ducati Desmosedici GP mulai musim 2023.

Alex Marquez akan menemani Fabio Diggiantonio di Gresini Racing. Alex menggantikan slot kosong yang bakal ditinggalkan Enea Bastianini. Gresini mengambil langkah cepat dengan menggaet Alex Marquez.

Rumornya, Bastianini bakal pindah ke tim lain, entah Prima Pramac Racing dengan setelan Desmosedici pabrikan, atau dengan tim pabrikan Ducati. Ia disebut menjadi salah satu kandidat yang bakal menemani Francesco Bagnaia.

Pebalap 26 itu akan menjalani musim keempat di kelas MotoGP. Dia pertama kalinya akan menggeber motor Ducati.

"Saya pikir Alex Marquez adalah yang sempurna untuk tim kami. CV-nya berbicara: kami pikir dia memiliki potensi besar dan bahwa mesin Desmosedici mungkin menjadi pendamping yang sempurna dalam perjalanan barunya. Selamat datang di keluarga, Alex!" ujar Nadia Padovani, Team Owner Gresini Racing dikutip dari MotoGP, Minggu (26/6/2022).

Tak salah jika Ducati mempertimbangkan Alex Marquez. Sebab pebalap Cervera itu punya curriculum vitae tingkat atas, dia juara dunia Moto3 2014, dan Moto2 2019.

Naik ke kelas MotoGP untuk menemani Marc Marquez pada 2020. Pebalap kelahiran 1996 silam itu menjalani debut dengan 2 kali podium. Dia menutup musim di peringkat 14 dengan koleksi 74 poin.

Alex kemudian dipindah ke LCR Honda, tapi perfomanya terus turun. Sejak pindah dia belum masuk tiga besar. Saat ini Alex Marquez berada di posisi 18 klasemen sementara MotoGP 2022 dengan mengoleksi 26 poin.

Dia berharap bisa membuka lembaran baru bersama motor pabrikan Borgo Panigale ini. Salah satu keuntungan Alex, baik Honda dan Ducati sama-sama menggunakan mesin V4.

"Saya sangat senang mengumumkan bahwa saya akan bergabung dengan Tim Gresini MotoGP, dan saya juga sangat bersemangat untuk memulai petualangan baru ini: sangat penting bagi saya untuk berubah," ujar Alex dalam keterangannya dikutip dari situs MotoGP.

"Ini adalah pilihan terbaik bagi saya, dengan tim yang membantu menulis sejarah kejuaraan ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Nadia, Carlo dan semua staf GR (Gresini Racing) karena telah mempercayai saya. Saya masih memiliki setengah musim tersisa untuk melakukan yang terbaik sebelum memulai 2023 dengan motivasi tinggi," jelas dia.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT