ADVERTISEMENT

Tes Motor MotoGP, Toprak: Beda Banget, Nggak Gampang!

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 22 Jun 2022 09:15 WIB
Pembalap Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu menunjukkan trofi SBK Tissot Superpole usai sesi kualifikasi WSBK Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (20/11/2021). Toprak Razgatlioglu berhasil meraih posisi superpole sekaligus menjadi
Toprak Razgatlioglu akhirnya menjajal motor MotoGP. Kesan pertamanya: enggak gampang! (Foto: ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU)
Jakarta -

Toprak Razgatlioglu, juara World Superbike (WSBK) 2021 sudah menjajal Yamaha YZR-M1. Dia bilang motor prototipe khusus balap itu sangat berbeda dengan Yamaha YZR-R1.

Rider Turki itu melahap 40 putaran di Sirkuit Motorland Aragon pada Selasa (21/6/2022). Ini pertama kalinya Toprak mencicipi motor MotoGP.

"Ini adalah hari pertama saya di motor Yamaha M1 MotoGP™ dan rasanya sangat berbeda dengan R1 saya. Lebih banyak tenaga kuda, elektronik berbeda, girboks mulus, semuanya benar-benar baru bagi saya," ujar Toprak dikutip dari laman WSBK, Rabu (22/6/2022).

Toprak mengakui bahwa sulit beradaptasi dengan motor prototipe. Pasalnya motornya lebih kencang! Dia terbantu dengan pebalap penguji Yamaha, Cal Crutchlow yang menemaninya turun ke lintasan.

Toprak Razgatlioglu dan Cal Crutchlow usai tes YZR-M1 di SIrkuit Aragon, Selasa (22/6/2022)Toprak Razgatlioglu dan Cal Crutchlow usai tes YZR-M1 di SIrkuit Aragon, Selasa (22/6/2022) Foto: WSBK

"Dengan setiap lap saya belajar lebih banyak, karena setelah WorldSBK tidak mudah beradaptasi dengan mesin MotoGP™. Untungnya, saya memiliki Cal Crutchlow untuk memberikan saran dan dia dapat banyak membantu saya. Motornya terasa enak, terutama di lintasan lurus yang sangat cepat, dan menarik untuk merasakan rem karbon," tambah Toprak.

"Saat saya menonton motor MotoGP™ di televisi di sini di Aragon, Anda bisa melihatnya agak bergelombang, dan saya bisa merasakannya di sini hari ini. Tidak terlalu buruk, Anda harus menjaga gas tetap terbuka untuk melewati gundukan, karena jika Anda menutup maka menjadi lebih tidak stabil. Secara keseluruhan, tes yang sangat positif, bahkan jika itu dipersingkat oleh hujan sore ini, yang berarti saya tidak mendapatkan lap sebanyak yang saya miliki," ungkap dia.

Saya sangat menikmati mengendarai motor MotoGP™, terima kasih banyak kepada Yamaha yang telah memberikan saya kesempatan ini."

Toprak tetap menjajal motor MotoGP. Meskipun Lin Jarvis, Kepala Tim di Monster Energy Yamaha MotoGP™ telah mengkonfirmasi "tidak ada tempat" baginya di MotoGP™ untuk 2023.

Sesi tes MotoGP datang hanya beberapa minggu setelah sang Juara bertahan mengklaim kemenangan pertamanya musim 2022 di Putaran Emilia-Romagna di Tissot Superpole Race. Saat ini Toprak berada di tempat ketiga klasemen WSBK dengan mengoleksi 141 poin. Di atasnya ada Alvaro Bautista (220 poin) dan Jonathan Rea (184 poin).



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT