ADVERTISEMENT

Kilas Balik MotoGP Jerman 2014: Grid Sepi, Banyak Pebalap Mulai Balapan dari Pit!

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 18 Jun 2022 10:42 WIB
MotoGP Jerman 2014
Posisi grid MotoGP Jerman 2014 sepi, pebalap mulai balapan dari pit. Foto: Twitter MotoGP
Jakarta -

Ajang balap MotoGP Jerman 2022 akan digelar akhir pekan ini. Sebelum menyaksikan jalannya balapan, mari kita sedikit kilas balik pada salah satu momen balapan paling unik di Sirkuit Sachsenring.

MotoGP Jerman pernah menampilkan salah satu balapan paling unik dan aneh. Hal itu terjadi pada musim 2014, di mana hampir seluruh pebalap MotoGP memulai start dari pit. Kok bisa?

Dilansir Visor Down, saat itu balapan Moto2 telah selesai dan dilanjutkan MotoGP, namun tiba-tiba hujan turun membasahi trek sehingga para pebalap yang sudah ada di grid mengganti ban kering dengan ban basah.

Setelah itu, seluruh pebalap melakukan warm up lap dan siap kembali ke grid. Akan tetapi hujan yang mengguyur telah berhenti dan trek sudah mengering lagi. Lantas, banyak pebalap yang memutuskan masuk ke pit untuk mengganti motor dengan ban kering atau tipe slick.

Dalam regulasi, para pebalap yang masuk kembali ke pit sebelum race dimulai tidak diperbolehkan start dari grid. Alhasil, pebalap yang memutuskan mengganti ban kering seusai warm up lap harus memulai race dari pit.

Sejumlah pebalap yang memutuskan mengganti ban basah menjadi ban kering di antaranya Valentino Rossi, Marc Marquez, Dani Pedrosa, hingga Jorge Lorenzo. Dalam race kali itu, hanya menyisakan sembilan pebalap yang start dari grid, salah satunya Stefan Bradl.

Bradl dan sejumlah pebalap lain berhak memulai start dari grid. Pebalap asal Jerman itu membuat keputusan untuk mengganti ke ban slick saat sebelum warm up lap. Alhasil, keputusannya dinilai tepat dan sangat menguntungkan.

Ketika balapan dimulai, seluruh pebalap yang ada di grid bisa melaju dengan kencang di trek. Sementara itu, 14 rider yang memulai start dari pit, harus memulai race di jalur yang sempit.

Dalam seri MotoGP Jerman 2014, balapan berhasil dimenangkan oleh Marc Marquez, sementara di urutan kedua ada Dani Pedrosa, lalu tepat di belakang ada Jorge Lorenzo. Uniknya, ketiga pebalap itu berhasil naik podium walau harus memulai start dari pit.



Simak Video "Sama Kayak Qatar, MotoGP Mandalika 2023 Rencananya Digelar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT