Toprak Jajal Motor MotoGP Bulan Depan, Peluangnya ke Tim Satelit

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 11 Mei 2022 12:14 WIB
Pebalap Toprak Razgatlioglu sukses menjadi juara dunia WSBK 2021. Toprak mengunci gelar juara usai finis kedua saat balapan di Sirkuit Mandalika.
Toprak Razgatlioglu Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
Jakarta -

Juara World Superbike 2021, Toprak Razgatlioglu dijadwalkan menjajal motor MotoGP YZR-M1 bulan Juni 2022. Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, bilang slot pebalap Turki itu hanya tersedia pada tim satelit andai bergabung pada 2023.

Kabar Toprak pindah ke kelas MotoGP sudah santer terdengar sejak menjuarai WSBK 2021. Isu ini wajar, mengingat Toprak dinilai pantas usai mengangkat pamor Yamaha di WSBK, setelah terakhir kali dilakukan pada 2009.

Lin Jarvis, mengatakan bahwa tes Yamaha YZR-M1 dengan Toprak pada Juni 2022 adalah hadiah trofi gelar WSBK 2021. Ini juga menjadi evaluasi sebagai lompatan besar ke MotoGP pada tahun 2023.

"Kami telah merencanakan tes untuknya pada bulan Juni dan kami akan mendedikasikan tim untuknya dan kami akan menghabiskan sepanjang hari pelatihan bersama," kata Lin Jarvis dikutip dari Motorsport, Rabu (11/5/2022).

"Ini akan menjadi kesempatan pertama untuk melihat dan merasakan bagaimana dia bisa tampil dengan motor itu. Saya juga berpikir dia pasti bisa menjadi pembalap yang mumpuni untuk kelas MotoGP," tambah dia.

Namun, Lin Jarvis menegaskan, slot buat pebalap Turki itu hanya tersedia pada tim satelit jika mau bergabung ke MotoGP. Pabrikan berlambang garpu tala ini tengah memperbarui kontrak dengan Fabio Quartararo, sedangkan kerja sama dengan Franco Morbidelli baru akan berakhir pada 2023.

"Tentu saja, dia (Toprak) memiliki kontrak dengan pabrikan di WSBK. Setiap pebalap juga ingin pindah ke tim pabrikan, tapi kami tidak punya kesempatan di tahun 2023. Jadi soal pindah, satu-satunya yang bisa kami tawarkan kepadanya adalah kontrak pabrik di tim satelit," tegas Jarvis.

Jarvis kembali menerangkan keputusan berada di tangan Toprak. Mau gabung ke MotoGP tapi di tim satelit, atau tetap berkarier di WSBK.

"Saya pikir, dia (Toprak) memiliki kontrak lebih lama dengan Yamaha Eropa. Dia bisa tinggal lebih lama di Superbike. Ada banyak cara untuk memiliki karir yang baik, seperti Johnny Rea," jelas Jarvis.



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)