Ahmad Sahroni Buka-bukaan Dipilihnya Ancol Sebagai Venue Formula E

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 18 Jan 2022 20:49 WIB
Venue Formula E di Ancol, Jakut.
Kondisi sirkuit Ancol yang masih belum digarap untuk Formula E Jakarta Foto: Wildan/detikcom
Jakarta -

Jakarta dijadwalkan menjadi tuan rumah Formula E pada Juni 2022 mendatang. Kabar terakhir, Ancol dipilih menjadi lokasi sirkuit balap mobil listrik kelas dunia ini. Kenapa Ancol?

Ahmad Sahroni ketua organizing committee dari Formula E Jakarta buka-bukaan alasan dipilihnya Ancol sebagai venue Formula E. Menurutnya, salah satu alasan dipilihnya Ancol ketimbang tempat lain lantaran tak ingin mengganggu aktivitas masyarakat.

"Nah dari semua tempat, prinsipnya bagus semua. Keren semua. Tapi waktu itu, bersama-sama dengan para semua pihak, kalau di tempat lima yang lain, pada aktifitas sehari-hari akan mengganggu pra sarana jalan untuk masyarakat," ujar Sahroni kepada detikOto.

Selain Ancol, sempat ada wacana Formula E digelar di Pantai Indah Kapuk. Namun, tempat ini berlokasi tidak di wilayah DKI Jakarta.

"PIK itu yang bagus, PIK 2 tapi bukan DKI Jakarta. dia masuk Banten, Tangerang. Jadi akhirnya kita ajukan proposal ke-lima tempat ini dan kebetulan relatif bagus di Ancol dengan kondisi lapangan dan pada saat pelaksanaan tetap bisa dimonitoring, satu pintu, dan ini keren kayaknya," lanjutnya.

Ancol juga dipilih, lantaran punya Jakarta International Stadium sebagai latar belakangnya. Hal ini akan membuat stadion baru milik DKI Jakarta lebih terekspose.

Sirkuit Formula E di Ancol juga rencananya akan digunakan seterusnya. Menurut Sahroni, bukan tak mungkin balap mobil kelas dunia lainnya hadir di sirkuit tersebut.

"Ada JIS (Jakarta International Stadium) lagi disitu. Ya ini, kita berharap, semua berharap, bukan saya aja, ada satu kota di Jakarta Utara punya tempat yang konon 'bronx', tapi disitu ada fasilitas gedung terbaik, terbagus di Asia misalnya, dan terbesar, terus ada event Formula E misalnya, mungkin next bisa aja jadi Formula 1 kalau memang ini memungkinkan, selain ada Mandalika," papar Sahroni optimis.

"Nah ini adalah prospek-prospek Indonesia di mata dunia. Jadi bukan lagi pada kelompok-kelompok, ini adalah untuk Indonesia. Kita nggak bisa hindari bahwa Formula E ini adalah formula masa depan. Suka nggak suka," tutupnya.



Simak Video "Tok! Tiket Formula E Jakarta Akan Dijual Mulai dari Rp 350 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)