Kursi Penonton Sirkuit Mandalika Bakal Diganti Lebih Berkelas, Segini Jumlahnya

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 17 Jan 2022 17:30 WIB
Sirkuit Mandalika
Bangku penonton Sirkuit Mandalika saat gelaran World Superbike 2021 Foto: Lucas Aditya/detikcom
Jakarta -

Vice Presiden Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Cahyadi Wanda mengatakan kursi penonton Sirkuit Mandalika bakal berbeda dari perhelatan World Superbike 2021. Kualitasnya lebih baik atau setara dengan sirkuit terbaik MotoGP dan Formula 1.

"Kualitas tempat duduk yang dipasang di Sirkuit Mandalika sama dengan standar sirkuit-sirkuit F1 dan sirkuit MotoGP dengan trek-trek terbaik dunia. Jadi berbeda dengan kursi yang terpasang saat pelaksanaan World Superbike (WSBK) lalu," ujar Cahyadi, dikutip dari Antara, Senin (17/1/2022).

Lebih lanjut ia mengungkapkan terdapat dua kelas kursi yang akan disiapkan bagi para penonton MotoGP Mandalika.

Pertama, kursi tipe grand stand premier dengan jumlah 20 ribu tempat duduk. Kedua, kursi tipe grand stand standar dengan jumlah 30 ribu tempat duduk, sehingga jumlah keseluruhan
kursi yang terpasang di Sirkuit Mandalika menjadi 50 ribu tempat duduk

"Kedatangan dan pemasangan kursi-kursi kita laksanakan awal Februari dan diharapkan tuntas sebelum MotoGP," kata Cahyadi Wanda.

Cahyadi Wanda mengaku kursi-kursi yang dipakai saat pelaksanaan WSBK Nopember 2021, menjadi salah satu sektor yang banyak mendapat sorotan penonton.

"Kami bukannya menutup mata atas apa yang menjadi kekurangan di WSBK lalu dan kami pun sudah berkomitmen untuk memperbaikinya di MotoGP. Terutama bangku penonton yang banyak mendapat masukan, kita perbarui dan presiden sangat senang mendengar kita sudah melakukan pembaharuan," terang Cahyadi.

Selain kursi penonton, ia juga sudah melakukan pembenahan yang menjadi kekurangan saat WSBK, antara lain area parkir yang saat ini diperluas, tribun penonton, drainase, garasi atau paddock untuk para pebalap dan infrastruktur pendukung baik di dalam dan luar areal sirkuit.

Presiden Jokowi berpesan untuk tidak setengah-setengah karena MotoGP ini akan ditonton oleh 240 negara di dunia sehingga "image" yang harus ditampilkan haruslah yang terbaik.

"Jadi memang saat ini kita sedang fokus melakukan pembenahan baik yang ada di dalam areal sirkuit dan infrastruktur pendukung yang ada di luar sirkuit dan ini menjadi salah satu yang menjadi masukan Presiden dan setelah melihat langsung baik di dalam dan di luar sirkuit sudah hijau sehingga enak dilihat penonton," katanya



Simak Video "Warga Serbu Bukit Tonton Langsung MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)