Setelah Formula E Jakarta Bakal Ada Formula 1?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 16 Jan 2022 17:06 WIB
Sirkuit Formula E Jakarta Resmi di Ancol, Ini 6 Informasinya
Ketua organizing committee Formula E, Ahmad Sahroni Foto: Pengumuman lokasi Formula E (Tiara/detikcom)
Jakarta -

Jakarta dijadwalkan menjadi tuan rumah Formula E pada Juni 2022 mendatang. Ahmad Sahroni selaku ketua organizing committee Formula E punya mimpi besar, yakni setelah Formula E bukan tidak mungkin Jakarta menggelar Formula 1.

"Ini tempat nantinya bukan hanya sekali pakai, bisa dipakai pada event-event yang lain," papar Ahmad Sahroni kepada detikOto, ketika menjelaskan venue Formula E di Ancol rencananya juga akan digunakan untuk ajang balap lainnya.

Sahroni yang juga 'local heroes' asal Jakarta Utara mengatakan dirinya punya harapan besar terhadap tanah kelahirannya. Setelah ada stadion berstandar Internasional alias Jakarta International Stadium, menurutnya venue Formula E di Ancol sangat memungkinkan untuk menggelar Formula 1.

"Ada JIS (Jakarta International Stadium) lagi di situ. Ya ini, kita berharap, semua berharap, bukan saya aja, ada satu kota di Jakarta Utara punya tempat yang konon 'bronx', tapi di situ ada fasilitas gedung terbaik, terbagus di Asia misalnya, dan terbesar," papar Sahroni.

"Terus ada event Formula E. Misalnya, mungkin next bisa aja jadi Formula 1 kalau memang ini memungkinkan, selain ada Mandalika (MotoGP dan WSBK)," mimpinya.

Menurutnya cita-citanya ini bukan hanya untuk kebanggaan dirinya selaku ketua organizing committee, ataupun untuk sekelompok orang. Hadirnya beragam ajang balap mobil hingga motor kelas dunia di Indonesia, semata-mata untuk citra baik Indonesia di mata dunia.

"Nah ini adalah prospek-prospek Indonesia di mata dunia. Jadi bukan lagi pada kelompok-kelompok, ini adalah untuk Indonesia. Kita nggak bisa hindari bahwa Formula E ini adalah formula masa depan. Suka nggak suka," tutupnya.



Simak Video "Mobil Replika Formula E Akan Dipajang di Bundaran HI saat CFD"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)