Akhirnya Toprak Jajal Yamaha M1 Musim 2022, Jadi ke MotoGP?

ADVERTISEMENT

Akhirnya Toprak Jajal Yamaha M1 Musim 2022, Jadi ke MotoGP?

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 27 Des 2021 18:56 WIB
Pebalap Toprak Razgatlioglu sukses menjadi juara dunia WSBK 2021. Toprak mengunci gelar juara usai finis kedua saat balapan di Sirkuit Mandalika.
Toprak Razgatlioglu Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
Jakarta -

Isu pindahnya Juara WSBK 2021, Toprak Razgatlioglu ke kelas MotoGP makin terang benderang. Kini rider Turki itu mengakui bakal jajal YZR-M1 lebih dulu pada musim 2022.

Bukan rahasia lagi bahwa Yamaha menginginkan Razgatlioglu tampil di MotoGP 2022. Salah satu opsinya ialah bergabung dengan tim satelit RNF yang sebelumnya bernama Petronas Yamaha.

Dicukul dari Crash, Senin (27/12/2021) Toprak dikabarkan akan menjalani sesi private test menggunakan YZR-M1 musim depan, dan tetap membalap di kejuaraan WSBK. Dia akan ditemani oleh pebalap penguji Yamaha, Carl Crutchlow.

"Saya akan mencoba M1 dalam beberapa tes pribadi pada tahun 2022. Beberapa hari ke depan saya akan bersama Cal Crutchlow dan saya berharap untuk melakukan debut saya di MotoGP pada tahun 2023 meskipun sekarang semua konsentrasi saya adalah di WorldSBK untuk musim depan," kata Toprak seperti dicukil dari Crash.

Razgatlioglu juga diisukan telah setuju menjadi pebalap cadangan RNF Yamaha untuk 2022, sedangkan Crutchlow untuk tim pabrikan Monster Energy Yamaha.

Jika Toprak akan bergabung dengan MotoGP pada 2023, berpotensi hanya bergabung dengan skuat RNF Yamaha. Sebab Franco Morbidelli dipastikan akan bertahan hingga akhir musim 2023 di tim pabrikan Yamaha. Sementara Quartararo adalah pebalap utama yang tetap dipertahankan pabrikan Jepang itu.

Diberitakan detikcom sebelumnya, Toprak diketahui berguru kepada Kenan Sofuglu yang saat ini menjadi manajernya. Sofuglu merupakan juara lima kali World Supersport.

Sofuglu berhati-hati untuk membuat keputusan kepada anak didiknya. Menurut Sofuglu, rider WSBK yang pindah ke MotoGP namun bukannya moncer malah meredup.

"Ketika Anda melihat sejarah Superbike, semua yang menjadi juara dan meninggalkan Superbike, hancur. Karir mereka berakhir dalam dua tahun, banyak yang tersingkir. Pada 2009, ada seorang atlet bernama Ben Spies. Menurut statistik, Dia adalah atlet terbaik dalam sejarah World Superbike," kata Sofuglu beberapa waktu yang lalu.

Kalaupun pindah ke MotoGP, Sofuglu menekankan agar anak didiknya ke tim pabrikan. Yamaha mengatakan ingin melihat Toprak di MotoGP pada tahun 2023.

"Tapi mereka menyatakan niat mereka sebagai tim kedua. Saya pasti tidak akan menerima ini. Saya katakan jika mereka datang dengan royalti MotoGP, jika mereka datang dengan tim utama, jika mereka datang dengan tawaran yang bagus, saya akan memikirkannya, mereka tidak boleh datang dengan tawaran apa pun selain dari itu," tegasnya.



Simak Video "Siapin Tabungan! Ini Bocoran Jadwal MotoGP Mandalika 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT