Yamaha Bakal Perpanjang Kontrak Quartararo, Nggak Jadi Incar Toprak?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 29 Nov 2021 21:12 WIB
Monster Energy Yamaha MotoGPs French rider Fabio Quartararo rides during the morning warm up session ahead of the MotoGP race of the Portuguese Grand Prix at the Algarve International Circuit in Portimao, on November 7, 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)
Fabio Quartararo (AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA)
Jakarta -

Tim Yamaha memastikan akan berusaha memperpanjang kontrak Fabio Quartararo, yang bakal habis pada akhir musim 2022. Apakah hal ini jadi pertanda pebalap WorldSBK Toprak Razgatlioglu tidak jadi pindah ke tim Yamaha MotoGP?

Manajer Yamaha Lin Jarvis mengungkapkan, saat ini masa depan Quartararo adalah fokus utama mereka. Dengan begitu, Jarvis berharap bisa menyelesaikan pembicaraan kontrak dengan pebalap asal Prancis itu secara cepat tanpa dihadapkan pada kendala apapun.

"Bahwa kita akan berbicara dengan Fabio (Quartararo), pasti. Kami ingin menang lagi di tahun depan. Kami akan membicarakan banyak hal dengannya," kata Lin Jarvis dikutip dari Corsedimoto.

"Tentu saja kami ingin memiliki dia di tim pabrikan lagi di masa depan, jadi kami pasti akan bernegosiasi untuk memperpanjang kontraknya. Bagi saya selalu lebih baik jika negosiasi yang rumit dapat dihindari," sambungnya.

Sementara itu, Quartararo masih menunggu tawaran perpanjangan kontrak dari Yamaha. Eric Mah selaku manajer Quartararo terus membujuk kedua belah pihak agar mempercepat negosiasi kontrak baru.

"Kami saat ini sudah memiliki dua penawaran untuk 2023 mendatang," ujar Eric Mah.

Race 1 WSBK 2021 digelar di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021). Meski finis kedua, pebalap Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021.Yamaha Bakal Perpanjang Kontrak Quartararo, Nggak Jadi Incar Toprak? Foto: Antara Foto

Diprediksi, ucapan yang disampaikan oleh Eric Mah ini merupakan strategi untuk menaikkan posisi tawar Quartararo sehingga bisa dapat bayaran lebih besar.

Pernyataan dari Lin Jarvis ini sekaligus menutup kemungkinan pebalap WorldSBK, Toprak Razgatlioglu pindah ke tim Yamaha MotoGP dalam waktu dekat. Toprak sendiri baru saja memastikan gelar juara dunia WSBK 2021 saat tampil di Sirkuit Mandalika.

Sejak 2020 lalu, nama Toprak hangat dibicarakan lantaran dirinya dilirik oleh tim-tim MotoGP. Toprak juga sempat santer diincar Yamaha Motor Racing (YMR). Ia jadi kandidat pengganti Valentino Rossi di Petronas Yamaha SRT yang musim depan berganti nama menjadi WithU Yamaha RNF MotoGP Team.

Namun, pebalap dari tim Pata Yamaha ini masih terikat kontrak hingga musim 2023 mendatang. Artinya, Toprak belum bisa merapat ke sejumlah tim di MotoGP termasuk Yamaha sampai dua tahun mendatang.

Manajer Toprak, Kenan Sofuoglu mengungkapkan jika di masa depan ada kemungkinan besar Toprak akan bergabung dengan tim MotoGP. Kenan menekankan agar anak didiknya ini masuk ke tim pabrikan saja. Hal ini memunculkan rumor jika Toprak akan bergabung ke tim Yamaha MotoGP untuk menggantikan Quartararo.

"Tapi mereka menyatakan niat mereka sebagai tim kedua. Saya pasti tidak akan menerima ini. Saya katakan jika mereka datang dengan royalti MotoGP, jika mereka datang dengan tim utama, jika mereka datang dengan tawaran yang bagus, saya akan memikirkannya, mereka tidak boleh datang dengan tawaran apa pun selain dari itu," pungkasnya.



Simak Video "Saat Pebalap MotoGP Quartararo Belanja Kartu Perdana di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)