Quartararo Tuntut Motor Yamaha Lebih Ngebut Lagi

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 06 Des 2021 17:21 WIB
LAGOA, ALGARVE, PORTUGAL - NOVEMBER 05: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP Team rounds the bend during the MotoGP Of Portugal - Free Practice  on November 05, 2021 in Lagoa, Algarve, Faro. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Fabio Quartararo. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Fabio Quartararo sukses meraih juara dunia MotoGP musim ini usai mengalahkan pesaing terdekatnya, Francesco Bagnaia. Meski senang, Quartararo ingin performa motornya bisa ditingkatkan sehingga makin cepat di lintasan.

Penampilan Quartararo di MotoGP 2021 sangat memukau. Hal ini juga tak lepas dari spesifikasi motornya yang terus mengalami peningkatan jika dibanding musim sebelumnya.

Namun sejauh ini, pebalap asal Prancis tersebut mengaku belum begitu puas. Quartararo mengaku kecepatan yang dimiliki motor Yamaha YZR-M1 masih kurang, artinya ia ingin kuda besi dengan tenaga yang lebih buas lagi untuk tahun depan.

Memang, pada musim ini Yamaha tidak bisa mengembangkan mesin lebih jauh karena adanya pembekuan pengembangan akibat pandemi COVID-19. Hal ini jadi salah satu penyebab Quartararo merasakan motor yang ditungganginya masih belum kencang.

Sebelumnya, Quartararo juga pernah berujar motor balap miliknya belum menunjukan performa terbaik. Jika melihat dari beberapa pesaing seperti Ducati dan Honda, motor Yamaha belum bisa sekencang mereka.

"Saya tidak tahu, karena saya belum pernah mencoba motor balap Honda dan Ducati. Apa yang bisa saya katakan adalah dengan melihat seluruh pebalap serta komentarnya, saya rasa tidak (ada peningkatan performa)," kata Quartararo dikutip Motorsport.

"Tapi kami tahu, semua orang juga tahu apa yang perlu kami tingkatkan. Dengan tenaga mumpuni saya yakin Yamaha bisa menjadi motor balap terbaik di paddock, tapi saya pikir Yamaha paham apa yang harus mereka kerjakan dan saat ini saya tidak bisa mengatakan apakah itu yang terbaik atau tidak," jelasnya.

Sejauh ini, Yamaha belum melakukan banyak perubahan dalam hal kemajuan performa mesin dan tenaga. Saat mengikuti uji coba resmi pada November lalu di Sirkuit Jerez, Quartararo merasa tidak senang dengan progres lambat dari Yamaha.

Bahkan, sejumlah rumor menyebut Yamaha masih belum melakukan pembaruan, maka El Diablo enggan menandatangani kontrak baru pada 2023 mendatang. Quartararo akan tetap menunggu hasil perkembangan Yamaha selama tes pramusim pada awal tahun 2022 nanti.



Simak Video "Ini Tempat Beli-Daftar Harga Tiket MotoGP Mandalika 2022 "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)