Sukses Gelar WSBK, Bagaimana Persiapan Sirkuit Mandalika Sambut MotoGP 2022?

ADVERTISEMENT

Wawancara Eksklusif MGPA

Sukses Gelar WSBK, Bagaimana Persiapan Sirkuit Mandalika Sambut MotoGP 2022?

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 04 Des 2021 10:50 WIB
Michael van der Mark, Pebalap WSBK Keturunan Indonesia Raih Podium di Mandalika
Michael van der Mark, Pebalap WSBK Keturunan Indonesia Raih Podium di Mandalika Foto: Dok. BMW Group
Jakarta -

Penyelenggaraan World Superbike di Mandalika International Street Circuit pada 19-21 November 2021 menjadi pelajaran penting bagi MGPA untuk mempersiapkan diri menyambut MotoGP 2022..

Sirkuit Mandalika pada pertengahan Nobember menggelar dua event internasional pertama. Yang kemudian menyita perhatian paling besar tentu saja hajatan WSBK, yang salah satu balapannya ditiadakan karena kondisi hujan deran di lintasan.

Pemyelenggaraan WSBK tak lepas dari beberapa kekurangan. Pihak MGPA menyadari betul hal tersebut dan karenanya memastikan saat MotoGP dijadwalkan hadir tahun depan, mereka jauh lebih siap. Seperti yang disampaikan Wakil Direktur MGPA, Cahyadi Wanda kepada detik.com secara eksklusif, bersamaan dengan ajang Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika.

"Jadi kami sangat menghargai, meng-appreciate, semua masukan yang masuk ke kami. Bukan berarti kami tidak mendengar, justru itu menjadi catatan penting supaya kami menjadi penyelenggara yang lebih baik lagi," kata Cahyadi.

Nonton WSBK Mandalika dengan harga tiket Rp 20 jutaan, dapat apa saja?Nonton WSBK Mandalika (Dok. Harry Affandy)

"Pastinya selain ditampung, kami juga siap actions. Kami setelah balapan juga langsung rapat dengan Dorna, juga untuk membahas karena MotoGP sizenya lebih besar dari ini. Jadi, kami sudah punya plan itu yang pasti. Agar nanti siapa pun, penonton yang datang ke sini, bisa mendapat experience yang berbeda," Cahyadi menambahkan.

Cahyadi mengatakan saat MotoGP benar-benar diselenggarakan pada Maret 2022, semua persiapan untuk mendukung jalannya perlombaan akan selesai.

"Skala eventnya jauh lebih besar dari ini, secara persiapannya, logistiknya, fans yang akan datang juga jauh lebih besar. Jadi di sini, kami juga tidak bisa bergerak sendiri. Kami juga dibantu banyak pemerintah. Salah satunya akses untuk menuju ke sini. Jadi, kami sangat berterima kasih karena pemerintah sangat suportif. Dan mereka tetap berkomitmen ke depannya akan terus mendukung kami. Itu yang sangat penting," ujar Cahyadi.

Pebalap Jonathan Rea berhasil finis di urutan pertama dalam Race 2 WSBK Mandalika 2021. Bersama Scott Redding dan Michael van Der Mark, Jonathan Rea naik podiumPebalap Jonathan Rea berhasil finis di urutan pertama dalam Race 2 WSBK Mandalika 2021. Bersama Scott Redding dan Michael van Der Mark, Jonathan Rea naik podium Foto: Antara Foto

Soal cuaca, Cahyadi juga mengatakan hujan yang melanda saat kemarin menjadi bukti bahwa sirkuit Mandalika telah siap menyambut MotoGP2022.

"Di satu sisi, kami merasa senang artinya sirkuit ini menjadi teruji di segala situasi. Seperti seperti kemarin situasi balapan dengan sangat basah, ternyata sirkuit ini beroperasi sangat sempurna. Itupun menjadi pujian dari Dorna terhadap kami," Cahyadi meyakinkan.

"Di sisi lain, kami tidak bisa mengatur cuaca itu. Itu adalah hal yang alami, menurut Dorna dan FIM itu adalah hal alami, mereka sudah mempunyai plannya, penundaannya berapa lama, dan lain-lain. Memang ini adalah hal yang lumrah terjadi, masalah cuaca. Karena pemilihan ini pun, pemilihan kalender ini pun dari Dorna, kami baru mendapat di seri terakhir. Dan memang dengan segala risiko bulan-bulan ini adalah bulan hujan di Indonesia. Tapi tidak ada pilihan lain tetap harus kami jalankan dengan sebaik mungkin. Yang pasti adalah keselamatan pebalap selalu menjadi yang nomor satu," Cahyadi menjelaskan.

Lalu kenapa race pada hari sabtu 20 November 2021 ditunda? Cahyadi mengatakan itu terkait jarak pandang.

"Kenapa race hari Sabtu ditunda, jarak pandangnya hampir 0 (meter) karena hujannya terlalu deras. Tapi setelah itu pun, ketika safety car berputar mereka mengatakan sirkuit oke, jarak pandang yang nggak bisa. Setelah itu balapan diputuskan ditunda," tutup Cahyadi.



Simak Video "Ribuan UMKM Meriahkan Gelaran MotoGP Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT