Selisih Nyaris Rp 5 Juta, Ini Beda Yamaha R15 V4 dan R15M

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 01 Des 2021 13:22 WIB
Yamaha R15 V4 yang diperkenalkan di India
Yamaha R15 V4 resmi diperkenalkan di Indonesia. Foto: Screenshot YouTube
Jakarta -

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis R15 V4 dalam dua varian, yakni R15 Connected dan R15M Connected ABS. Selisih di antara keduanya mencapai Rp 4,6 juta. Apa saja perbedaannya?

Radityo Andi Dharma, Manager Branding & Promotion Departement PT YIMM menjelaskan secara desain keduanya mirip, yang membedakan hanyalah dari segi fitur.

Baik R15 Connected dan R15 Connected ABS sama-sama menggunakan bahasa desain DNA R Series. Pada bagian fascia terdapat M Shape Intake Duct yang di tengahnya terpasang headlamp proyektor LED. Tak hanya itu terdapat alis LED yang berfungsi sebagai Daytime Running Light yang menyatu pada area cowling.

"Motor ini merupakan perwujudan dari desain generasi terbaru R-Series yang mewarisi karakter desain YZR-M1, R1, dan R7 untuk menciptakan tampilan supersport sejati yang aerodinamis dengan big bike look, dari tampak depan terdapat M-Shaped Intake Duct yang dilengkapi dengan LED Projector Headlights, serta twin eyes LED position Lights yang menyatu dengan cowling sebagai wajah terbaru dari R-Series," ujar Radityo saat peluncuran secara virtual, Rabu (1/12/2021).

Yamaha R15MYamaha R15M Foto: Dok. Yamaha Indonesia

Radityo kemudian menjelaskan kalau kedua tipe varian ini sudah memiliki koefisien drag yang lebih rendah dari versi sebelumnya.

"Kami melakukan pengujian berupa Cfd Analyisis berulangkali untuk menyempurnakan tingkat efisiensi aerodinamisnya. Hasilnya koefisien aerodynamic drag (CdA) berkurang dari 0,307 menjadi 0,293 yang memberikan keuntungan untuk mencapai top speed dengan lebih cepat," terang dia.

Yamaha  meluncurkan All New R15, Rabu (1/12/2021).Yamaha R15 V4 Connected Foto: Dok. Yamaha Indonesia

Beberapa fitur standar terpasang pada Yamaha R15 V4, di antaranya suspensi sudah USD (Upside Down), Assist Slipper Clutch, dan lengan ayun belakang model banana.

Untuk rangkanya, motor ini masih setia dengan bentuk rangka deltabox, kemudian ban belakang super besar dengan profil 140 mm super wide radial tyre.

Kelengkapan lain yang menjadi paket standar ialah Yamaha R15 V4 dibekali panel kluster seperti yang dimiliki R1. Fitur ini menampilkan sejumlah indikator, seperti gear, street, track, quick shifter, status battery (aki), status bahan bakar, speedometer, tachometer, odometer, tripmeter, termasuk SMS alert dan calling alert.

Panel kluster tersebut juga sudah terhubung dengan fitur Yamaha Motorcycle Connect, seperti yang sudah ada di jajaran MAXI Yamaha (Nmax dan Aerox). Nah, khusus varian tertinggi R15M Connected-ABS dibekali fitur paling lengkap.

"R15M Connected-ABS memiliki seluruh keunggulan dari R15 Connected, yang ditambah fitur eksklusif yang hanya didapatkan pada produk ini," ujar Radityo.

Fitur-fitur khusus di R15M Connected ABS

Menariknya, R15M Connected ABS makin santer aura big bike pada area kokpit. Panel clusternya bisa dipilih dua mode, yakni Track dan Street.

"Pada area ini (kokpit) kami menghadirkan aura big bike look melalui konsep smart cockpit design di mana desain full digital spedometernya terinspirasi dari R1, dan memiliki dua tampilan yang dapat dipilih, yaitu street mode dan track mode," jelas Radityo.

Yamaha R15 V4Speedometer Yamaha R15 V4 Foto: Screenshot Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

"Selanjutnya pada triple clamp didesain secara khusus yang terinspirasi dari YZR-M1, untuk memberikan keseimbangan dan kekakuan secara optimal," ujar dia.

Yang tidak kalah keren, Yamaha R15M sudah dilengkapi fitur traction control yang bisa mencegah roda belakang selip saat dilakukan akselerasi. Guna mendukung keselamatan berkendara, Yamaha R15M Connected sudah dibekali fitur dual channel ABS. Fitur yang biasa melekat padamoge premium di R15M di antaranya Quick Shifter, dan Big Bike Engine Switch Off.

Yamaha R15 V43D emblem logo Yamaha R15 V4 Foto: Screenshot Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Secara spesifik lagi, Yamaha R15M mendapatkan beberapa komponen berbeda yang menjadikannya tampil lebih eksklusif. Part tersebut antara lain yakni logo 3D R15M dan fork caps biru dengan logo R15M.

Yamaha R15 V4Jok motif Carbon dari Yamaha R15 V4 Foto: Screenshot Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Tampilan sudah oke, bagaimana performa mesin? di atas kertas motor ini dibekali mesin 155,09 cc satu silinder berpendingin cairan. Ukuran diameter dan langkahnya 58 mm x 58,7 mm, output-nya bisa menghasilkan tenaga sebesar 14,2 kW di 10.000 rpm dan torsi maksimal 14,7 Nm di 8.500 rpm, tenaganya tidak berubah dari generasi sebelumnya. Kemampuan Yamaha R15 V4 dikawinkan dengan transmisi 6-percepatan.

Harga dan Varian

All New R15M Connected-ABS terdiri dari pilihan warna Icon Performance dan Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary livery. Sedangkan All New R15 Connected memiliki warna Icon Blue dan Tech Black.

Daftar harga:

- All New R15M Connected-ABS: Rp 43.500.000 OTR Jakarta
- All New R15 Connected: Rp 38.900.000 OTR Jakarta.
- All New R15M Connected-ABS edisi terbatas World Grand Prix 60th Anniversary livery: Rp 44.100.000 OTR Jakarta.

Simak video 'Tantang CBR 150 R, Ini Wujud dan Harga Yamaha R15 V4 Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(riar/rgr)