Makin Dekat Indonesia, Yamaha R7 Rilis di Thailand dengan Harga Rp 142 Juta

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 10 Okt 2021 14:26 WIB
Yamaha YZF-R7
Wujud Yamaha R7 yang dirils untuk pasar Eropa Foto: Dok. Yamaha
Jakarta -

Sejak diluncurkan pada Mei 2021 silam, Yamaha R7 tergolong ramai diperbincangkan para pecinta motor sport. Motor yang menjadi pengganti dari Yamaha R6 ini, terpantau akan segera rilis di Thailand dengan harga yang cukup menarik.

Dilansir dari Great Biker, motor sport fairing jagoan Yamaha untuk kelas menengah ini akan hadir dalam waktu dekat di Thailand. Yamaha R7 tersedia dalam dua pilihan warna yakni biru alias Icon Blue dan hitam atau Yamaha Black.

Menurut mereka, Yamaha R7 di Thailand akan dibanderol dengan harga mulai dari 339.000 baht atau setara dengan Rp 142 juta rupiah.

Yamaha YZF-R7 mengadopsi mesin 689 cc yang sama dengan MT-07. Mesin Crossplane 2 (CP2) dua silinder DOHC delapan katup dengan pendingin cairan yang sudah sesuai Euro 5 tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 73.4 PS pada 8.750 rpm dengan torsi maksimal 67 Nm pada 6.500 rpm.

Untuk urusan kaki-kaki, Yamaha YZF-R7 hadir dengan suspensi depan upside-down KYB berdiameter 41 mm yang dapat disetel. Penyetelan kompresi ada di garpu depan sebelah kiri dan rebound di sebelah kanan.

Sementara di bagian belakang terdapat monoshock yang dipasang secara horizontal dan dapat disesuaikan preload dan rebound. Sedangkan pengeremannya, Yamaha R7 mendapatkan kaliper empat piston radial-mount serta master rem Brembo.

Yamaha R7 disebut memiliki bobot hanya 188 kg. Motor ini memiliki rangka tubular yang ramping, bahkan Yamaha menyebut lebih ramping daripada R25 dan R15. Hal ini memungkinkan Yamaha R7 memiliki profil depan yang ramping sehingga membantu aerodinamika.

Desain bodi Yamaha R7 mengikuti R-Series milik Yamaha lainnya. Ada semacam asupan udara bergaya motor MotoGP Yamaha YZR-M1 di depan. Ditambah lampu LED yang ditanam di dalamnya serta lampu LED riding light di kedua sisi cowl.

detikOto pernah mengonfirmasi kepada Yamaha Indonesia tentang hadirnya di Indonesia. Namun Yamaha Indonesia pada saat itu mengatakan, belum ada rencana untuk membawa R7 ke Indonesia.

"Untuk R7 sendiri ini kan baru launching di Eropa. Dan sampai saat ini memang belum ada rencana untuk impor motor tersebut," papar Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada Rabu (19/05/21) kepada detikOto.



Simak Video "Ini Daftar Harga Mobil Toyota Usai Kena Pajak Emisi"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)