Marc Marquez Idap Gangguan Penglihatan, Absen Hingga Race Terakhir

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 10 Nov 2021 09:45 WIB
Honda Spanish rider Marc Marquez reacts after the Moto Grand Prix of Aragon at the Motorland circuit in Alcaniz on September 12, 2021. (Photo by LLUIS GENE / AFP)
Marc Marquez Foto: AFP/LLUIS GENE
Jakarta -

Marc Marquez sedang tidak baik-baik saja. Pebalap 28 tahun itu mengalami masalah gangguan penglihatan yang membuatnya absen hingga race terakhir MotoGP 2021.

The Baby Aliens mengakhiri MotoGP 2021 lebih cepat usai mengalami gegar otak saat berlatih menggunakan motorcross, walhasil dia melewati MotoGP Algarve. Kini Marquez menderita gangguan penglihatan diplopa, yang membuatnya harus absen sesi ujicoba Jerez dan race penutup MotoGP Valencia.

Masalah penglihatan ini diketahui usai Marc Marquez mendatangi Dr. Sanchez Dalmau di Rumah Sakit Barcelona. Penyakit ini pernah dialami Marquez 2011 silam.

"Pemeriksaan terhadap Marc Marquez hari ini setelah kecelakaan terjadi mengkonfirmasi bahwa ia mengalami diplopia. Dan didapati kelumpuhan di saraf kanan keempat dengan melibatkan otot oblique superior sebelah kanan," kata Sanchez seperti dikutip situs resmi Repsol Honda.

"Menyusul evaluasi klinis, perawatan konservatif yang diperbarui secara berkala dipilih oleh Marquez. Saraf keempat di sisi kanan juga pernah cedera pada 2011," jelas dia.

Marquez pun mencurahkan isi hatinya. Kabar ini membuat dirinya kembali berada dalam kondisi yang sulit setelah mengalami cedera lengan kanan yang membuatnya absen panjang pada MotoGP 2020.

"Ini adalah saat-saat yang sangat sulit, sama seperti ketika hujan turun. Kemarin, setelah mengunjungi Dr. Sanchez Dalmau, episode baru diplopia (penglihatan ganda) dikonfirmasi dengan kelumpuhan saraf kanan keempat, seperti pada tahun 2011," tulis Marquez di akun Instagram miliknya.

"Sekarang kami perlu bersabar, melalui jalannya waktu dan untuk melihat bagaimana situasinya berkembang. Namun jika saya telah belajar satu hal dalam hidup, yakni anda harus menghadapi kesulitan dengan positif. Terima kasih banyak untuk semua orang atas dukungan anda!!" ujarnya.

Tanpa Marquez, Repsol Honda pun kesulitan bersaing dengan tim-tim lain dan cuma dua kali menempatkan Alex Marquez di podium. Rider andalan Honda itu kini berada di posisi keenam klasemen dengan 142 poin, berbekal tiga kemenangan dan empat kali gagal finis.

Well, semoga lekas sembuh Marc Marquez!



Simak Video "Marc Marquez Crash 2 Kali, Fans Kecewa tapi Tetap Optimis Podium"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/mhg)