Rossi Blak-blakan.... Ternyata Belum Siap Pensiun

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 14 Okt 2021 16:26 WIB
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 16:  Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT smiles during the press conference pre-event during the MotoGP Of San Marino - Previews at Misano World Circuit on September 16, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Hitungan minggu, Valentino Rossi akan benar-benar pensiun dari MotoGP Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Tinggal beberapa minggu lagi, Valentino Rossi akan melakoni balapan terakhirnya di ajang MotoGP. Tapi semakin dekat dengan waktu pensiunnya, Rossi justru merasa paranoid.

Valencia selalu jadi laga penutup balap MotoGP. Seri pamungkas itu bakal menjadi pertempuran terakhir Valentino Rossi dalam karier balapan.

Rider 42 tahun itu bakal pensiun di Sirkuit, Ricardo Tormo, Valencia, 14 November 2021. Artinya dalam hitungan bulan, para penggemar tak akan lagi melihat Rossi bersaing dengan para rider-rider yang lebih muda darinya.

Tapi Rossi mengaku ketakutan jelang seri Valencia. Dia bahkan belum siap menutup buku karier balapan profesionalnya.

"Saya agak paranoid tentang Valencia. Saya pikir saya belum siap untuk pensiun," akunya dalam sebuah wawancara dengan DAZN Spanyol seperti dikutip dari GPone, Kamis (14/10/2021).

Sejatinya pengumuman pensiun sudah dilakukan pada pertengahan musim MotoGP pada Agustus 2021 lalu, tepatnya di Austria. Bagi Rossi MotoGP di Valencia perasaannya berbeda, dia merasa nantinya harus mengucapkan perpisahan dengan MotoGP.

"Di Austria, setelah mengumumkan (pensiun), itu tidak terlalu mempengaruhi saya," lanjut Rossi.

"Di Valencia akan lebih sulit karena mulai saat itu hidup saya akan berubah, saya akan berhenti menjadi pembalap MotoGP. Ini tidak akan mudah, tapi itu akan tetap menjadi momen yang menyenangkan," kata Rossi.

"Saya telah membaca pesan untuk pensiun selama 15 tahun, tetapi saya tidak pernah tertarik untuk melakukannya," sambung dia.

Rossi sudah 26 tahun menghabiskan hidupnya bersama MotoGP, dia akan mengakhiri karier di tim satelit Petronas Yamaha SRT. Tak hanya gelar, pengabdian Rossi juga mencatatkan sederet rekor emas di Yamaha sepanjang kariernya.

Rossi adalah pebalap Yamaha paling sukses dalam sejarah dengan torehan 56 kemenangan, 46 tempat kedua dan 40 tempat ketiga.

Rossi mengumpulkan 11 persen dari total kemenangan Yamaha di MotoGP sepanjang sejarah. Jumlah tersebut menjadikannya sebagai rider dengan kontribusi terbesar untuk Tim Garpu Tala (56 kali menang dari 516 kemenangan Yamaha).

Kini tinggal tiga laga tersisa, di antaranya: MotoGP Emilia Romagna (24 Oktober 2021), MotoGP Algarve (7 November 2021), dan laga pamungkas MotoGP Valencia (14 November 2021).



Simak Video "Apresiasi Keanu Reeves hingga Tom Cruise untuk Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)