Bos WSBK Puji Sirkuit Mandalika, Optimistis Selesai Dibangun Tepat Waktu

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 25 Agu 2021 15:51 WIB
Seorang pekerja berada di tikungan ke 2 lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). Sirkuit Mandalika merupakan salah satu sirkuit terbaik menggunakan teknologi
Ilustrasi pembangunan Sirkuit Mandalika Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Jakarta -

Direktur Eksekutif World Superbike (WSBK), Gregorio Lavilla, optimistis Sirkuit Mandalika selesai tepat waktu. Indonesia diharapkan bisa menjadi tuan rumah pada 12 - 14 November mendatang.

Sirkuit Mandalika memang tengah dipersiapkan untuk menyambut gelaran MotoGP 2022. Namun WSBK bakal menjadi gelaran pertama yang dihelat sebelum Fabio Quartararo, Marc Marquez, dan kawan-kawan tiba di Tanah Air.

Melalui laman resmi WSBK, Rabu (25/8) Lavilla mengatakan pengerjaan sirkuit Mandalika terbilang cepat. Aspal trek sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 kilometer dengan 17 tikungan itu akhirnya selesai dikerjakan. Selain trek utama, sarana dan prasarana juga tengah dikebut guna mendukung digelarnya perhelatan WSBK.

"Trek dan proteksi Mandalika sudah selesai, sementara Race Control, Medical Center, TV Compound, dan helipad-nya sedang dalam pembangunan. Kami sudah dapat jaminan zona hotel dengan jumlah kamar yang banyak untuk seluruh komunitas paddock kami," ungkap Lavilla seperti dikutip dari laman WSBK, Rabu (25/8/2021).

"Mereka bekerja keras dan sangat cepat. Jika tak ada halangan yang bisa menghentikan progres ini, untuk sementara kami punya asumsi bahwa sirkuitnya bisa selesai tepat waktu. Mengingat gelaran ini rencananya digelar pada November, kami akan terus memantau situasinya sampai kami mencapai titik di mana kami harus mendapatkan konfirmasi," tutur dia.

Dalam akun instagramnya Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menjelaskan keseluruhan di Sirkuit Mandalika sudah mencapai 93% dengan pekerjaan tunnel selatan, tunnel utara, pengaspalan track lane serta concrete barrier yang masing-masing sudah selesai 100%.

Pekerjaan di dalam trek pun masih terus dilakukan dan ditargetkan selesai dalam hitungan hari, seperti pengaspalan inner dan outer service road yang mencapai 99%, run-off grass 98%, run-off gravel 99% dan run-off asphalt 46%.

Pembangunan race control, observation deck dan spectator fences yang selesai pada September 202. Pembangunan gantry start/finish ditargetkan selesai pada akhir bulan Agustus.

Selain itu fasilitas pendukung juga terus dikebut, seperti hotel, infrastruktur jalan, medical center, dan lainnya. Jika semua berjalan sesuai rencana, Indonesia bisa menggelar FIM Superbike World Championship (WSBK) pada 12-14 November 2021.



Simak Video "Nggak Sampai Sebulan Lagi Homologasi, Sirkuit Mandalika Sudah Selesai 80%"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)