Tak Cuma MotoGP, WSBK dan Formula E, Indonesia Juga Bakal Gelar Formula 1

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 24 Agu 2021 11:24 WIB
Jakarta -

Indonesia bakal menjadi tuan rumah balapan bergengsi di dunia. Tak cuma Formula E dan MotoGP, Indonesia dikabarkan bakal menggelar balapan Formula 1. Balapan Formula 1 itu kabarnya akan digelar di Sirkuit Mandalika, sirkuit yang tengah dibangun untuk gelaran MotoGP dan World Superbike.

Dilansir Pitpass, pihak Mandalika International Street Circuit telah melakukan diskusi dengan Formula 1 untuk menjadi tuan rumah balapan mobil tersebut. Sirkuit Mandalika itu dirancang dengan standar Grade A FIM untuk menggelar MotoGP. Tak cuma itu, sirkuit Mandalika juga bisa memenuhi standar Grade 1 FIA sebagai syarat menyelenggarakan Formula 1.

"Sirkuit kami bisa memenuhi grade A FIA yang akan menggelar F1 dan kami sudah berdiskusi dengan F1 di Lombok," kata CEO Mandalika Grand Prix Association Ricky Baheramsjah dikutip Pitpass.

Menurut Ricky, Formula 1 tidak membutuhkan gravel seperti di sirkuit MotoGP. Tapi itu masalah kecil. "Karena di bawah gravel hanya aspal, jadi bias digeser keluar (jika digunakan untuk Formula 1)," katanya.

Untuk menggelar Formula 1, mungkin dibutuhkan beberapa fasilitas lagi seperti hotel bintang lima yang lebih banyak. Sebab, karakter pencinta MotoGP dan Formula 1 berbeda. "Harga tiket juga relatif lebih terjangkau untuk MotoGP daripada untuk F1," katanyaa.

"Jadi, destinasi seperti Lombok akan menjadi tantangan bagi F1, tapi begitu Mandalika dikembangkan, maka ada peluang fantastis untuk F1 jika ingin menjelajahinya. Untuk saat ini, kami sepenuhnya fokus pada balapan yang kami miliki," ucapnya.

Sirkuit Mandalika sendiri akan menjadi tuan rumah untuk gelaran MotoGP dan World Superbike. Untuk tahun ini, rencananya World Superbike dengan pebalap Jonathan Rea, Toprak Razgatlioglu dan kawan-kawan itu bakal digelar di Sirkuit Mandalika pada November mendatang. Sementara MotoGP Indonesia di Mandalika akan dihelat tahun depan.

Sementara itu, lapisan aspal Sirkuit Mandalika sudah dihamparkan 100% ke area track lane. Total ada tiga lapis aspal di track lane Sirkuit Mandalika, yang memiliki panjang 4.310 m (4,3 km) dengan 17 tikungan. Lapisan aspal bawah menggunakan batu dari Lombok Utara dan Lombok Timur.

Selain itu batu Tau agregat kasar juga didatangkan dari Palu, Sulawesi Tengah, untuk memperkuat struktur lintasan utama. Dan lapisan ketiga atau lapisan paling atas adalah aspal jenis Stone Mastic Asphalt (SMA) yang didatangkan dari Inggris. apisan aspal ini diperuntukkan demi memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan supaya tetap kuat, dengan prinsip kontak stone by stone untuk memperkuat struktur lapisan. Karena stone by stone, sehingga volume aspalnya sedikit.

Selain track lane, pembangunan fasilitas pendukung juga terus dikebut, seperti hotel, infrastruktur jalan, medical center, dan lainnya. Jika semua berjalan sesuai rencana, Indonesia bisa menggelar FIM Superbike World Championship (WSBK) pada 12-14 November 2021.

(rgr/din)