Catat! Ini Area Sirkuit Mandalika yang Boleh Digunakan Kendaraan Umum

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 24 Agu 2021 20:40 WIB
Sejumlah pekerja menyelesaikan pemasangan rangka lampu start pada proyek pembangunan lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/8/2021). Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku promotor dan operator sirkuit menyebutkan hingga akhir bulan Juli 2021 progres keseluruhan yang dilihat dari pekerjaan trek dan pekerjaan bangunan fasilitas pendukung di dalam trek sirkuit Mandalika sudah mencapai 89,12 persen. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.
Ini area Sirkuit Mandalika yang boleh digunakan untuk kendaraan umum. Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Jakarta -

Sirkuit Mandalika memiliki status sirkuit jalan raya atau street circuit. Artinya, dalam kondisi tidak ada event balap, sirkuit yang berlokasi di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini bisa difungsikan sebagai jalan raya, di mana kendaraan umum boleh lewat. Tapi perlu dicatat! Tidak termasuk area Main Track Lane yang diperbolehkan untuk kendaraan umum, melainkan hanya area Service Road.

Belum lama ini viral kejadian tiga pengguna motor Yamaha RX-King yang kedapatan melintas di Main Track Lane, Sirkuit Mandalika. Padahal area ini sangat 'haram' untuk kendaraan umum dan hanya boleh digunakan untuk motor dan mobil yang mengikuti ajang balap.

Chief Strategic and Communication Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Happy Harinto, menyayangkan adanya kejadian itu. Menurut Happy, motor atau mobil pengendara umum yang masuk ke Main Track Lane adalah sebuah pelanggaran keras.

"Main Track Lane di dalam sirkuit sekali lagi saya sampaikan bukan untuk jalan umum. Track ini sangat kami jaga sekali dan aspal itu sudah di-treatment khusus hanya dilintasi pada saat event balap, yang sudah ditetapkan atau ketika ada pengecualian dan telah mendapat izin khusus dari kami," kata Happy, kepada detikOto, Selasa (24/8/2021).

Happy menjelaskan bahwa nantinya kendaraan umum bisa menggunakan fasilitas jalan yang ada di Sirkuit Mandalika, ketika tidak ada acara balapan. Jalan yang dimaksud adalah Service Road. Sebagai informasi, Service Road merupakan sebuah jalan pendukung yang ada di lingkaran dalam dan lingkaran luar Main Track Lane. Service Road diberi batas menggunakan debris fence untuk mencegah siapapun yang ingin masuk ke Main Track Lane. Service Road digunakan untuk jalur evakuasi ketika ada insiden kecelakaan--atau seperti diungkapkan Happy--bisa juga digunakan untuk kendaraan umum.

Tiga pemotor RX-King masuk Sirkuit MandalikaMain Track Lane haram digunakan kendaraan umum. Tiga pemotor RX-King yang masuk ke lintasan utama Sirkuit Mandalika ini jelas melakukan pelanggaran keras. Foto: YouTube Fajr Dronesia

Meski saat ini Sirkuit Mandalika belum menggelar balapan, area Service Road belum dibuka untuk pengendara umum. Alasannya karena sirkuit tersebut masih tahap pembangunan. Happy memproyeksikan fungsi Service Road untuk jalanan umum bisa digunakan setelah gelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Maret tahun depan.

"Service Road dapat digunakan dan dilalui oleh masyarakat umum atau wisatawan dengan kendaraan, dengan kapasitas tertentu, sesuai dengan aturan yang ditetapkan disaat tidak ada event balapan, tapi tidak untuk waktu saat ini dan rules di atas itu akan kami berlakukan setelah event MotoGP Maret 2022 nanti. Saat ini kami sedang berkonsentrasi penuh dalam melakukan proses pembangunan, jadi kami sampaikan kepada masyarakat untuk sabar, karena memang belum kami buka untuk umum," lanjut Happy.

Adapun untuk lintasan utama atau Main Track Lane, nantinya juga bisa digunakan untuk aktivitas umum yang ringan-ringan seperti aktivitas bersepeda, jogging, running atau sekadar berjalan-jalan menikmati indahnya alam Mandalika. "Yang jelas, kendaraan (umum) yang menggunakan mesin dilarang melintasi Main Track Lane," tegas Happy.

Simak video 'Aksi Pilot Drone 'Bubarkan' Pemotor RX King yang Masuk Sirkuit Mandalika':

[Gambas:Video 20detik]



(lua/din)