Profil Hugo Milan, Pebalap 14 Tahun yang Tewas Kecelakaan di Sirkuit Aragon

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 26 Jul 2021 16:59 WIB
Hugo Milan
Hugo Milan dalam sesi konferensi pers usai balap di Sirkuit Ricardo Torno Foto: FIM CEV Repsol
Jakarta -

Dunia balap motor sedang berkabung. Hugo Milan, pebalap berusia 14 tahun baru saja menghembuskan nafas terakhirnya pada Minggu (25/7/21) kemarin.

Kejadian nahas yang merenggut nyawa pebalap muda ini terjadi di Sirkuit Aragon pada seri lanjutan FIM CEV Repsol Hawkers European Talent Cup (HETC) 2021.

Saat balapan masih menyisakan 13 lap, insiden kecelakaan Hugo Milan terjadi di tikungan ke-lima. Milan yang tidak dapat mengontol traksi ban motornya, harus crash hingga terpental dari motornya.

Milan yang terjatuh tepat di tengah sirkuit, berusaha keluar dari trek dengan kesakitan. Namun sayang, ternyata Oleg Pawelec yang sudah berusaha melebar dengan mengambil sisi terluar sirkuit, tak kuasa untuk mengontrol motornya.

Pebalap muda asal kota Huelva ini, punya nama lengkap Hugo Millan Gracia. Milan adalah pebalap muda berbakat kelahiran 13 November 2016.

Pebalap muda ini tercatat sebagai warga negara Spanyol yang sudah turun balap profesional sejak FIM CEV European Talent Cup 2019.

Di musim balap 2021, Milan dipercaya menggunakan motor Honda di tim Cuna De Campeones bersama Adrian Cruces, Casey O'Gorman, dan Xabi Zuruta.

Pada musim 2021 ini pula, FIM CEV Repsol European Talent Cup baru berjalan lima seri dari delapan seri yang dijadwalkan.

Sepanjang musim ini, Milan tampil cukup baik dan beberapa kali naik podium, yaitu pada Race 2 Circuito do Estoril, Race 1 dan Race 2 di Circuit Ricardo Torno.

Bahkan hingga balapan terakhir di Sirkuit Aragon, nama Hugo Milan masih tercatat di posisi ketiga klasemen sementara FIM CEV Repsol European Talent Cup 2021.

Tim Cuna De Campeones yang merupakan tim balap Milan musim ini, tercatat berhasil menghuni tiga besar klasemen sementara.

Perlu diketahui, kelas balap yang dimainkan oleh Milan adalah kelas junior yang menggunakan motor balap berkapasitas mesin 250cc 4 tak dengan silinder tunggal.

Di level FIM CEV European Talent Cup ini, pebalap dibatasi usianya minimal 12 tahun dan maksimal 17 tahun di satu musim balap, terhitung sejak 1 Januari di musim tersebut.



Simak Video "Mengenal Dimas Ekky Pratama, Pembalap Mandalika Racing Team Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)