Asyik, MotoGP Buka Kompetisi Balap Untuk Anak-anak Usia 10-14 Tahun

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 30 Jan 2021 17:25 WIB
Sebanyak 12 pebalap belia dari berbagai daerah di Indonesia yang lolos seleksi pembinaan AHRS tengah merasapi motor Honda CBR 150CC.
MotoGP buka kelas untuk anak-anak. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Menjadi seorang pebalap mengikuti idola adalah salah satu impian yang dimiliki banyak anak-anak di dunia. Untuk menjadi pebalap profesional sekelas MotoGP pun membutuhkan jenjang yang panjang dan dukungan dari berbagai pihak.

Federeasi internasional sepeda motor atau FIM kini telah membuat sebuah wadah profesional untuk inkubasi bakat-bakat baru dunia balap. FIM baru saja membuka MiniGP World Series untuk para anak-anak yang ingin memulai karir balap profesionalnya.

"FIM MiniGP World Series adalah langkah pertama bagi semua anak muda dalam perjalanan mereka untuk mencapai impian mereka dan mencapai Kejuaraan Dunia MotoGP FIM. Ini adalah titik awal yang hilang dalam 'Road to MotoGP' yang akan memungkinkan setiap pembalap berbakat untuk naik ke 'podium', dengan anggaran yang sangat rendah," kata presiden FIM, Jorge Viegas dalam sebuah pernyataan.

FIM MiniGP World Series ini tujuannya untuk menstandarkan sejumlah seri Mini Cup di seluruh dunia. Jadi semua orang berlomba dengan mesin yang sama dan dengan aturan yang sama.

Dilansirkan oleh Rideapart, FIM MiniGP World Series akan menggunakan motor Ohvale GP-0 160 yang dipacu oleh pengendara berusia antara 10 sampai 14 tahun dengan alokasi ban standar yang disediakan untuk setiap acara oleh Pirelli. Minimal 15 pebalap permanen harus berlomba di setiap kompetisi.

Agar memenuhi syarat sebagai seri untuk tahun 2021, acara pertama dalam seri harus berlangsung selambat-lambatnya awal Juli dan balapan terakhir musim ini harus dijadwalkan selambat-lambatnya 17 Oktober. Semua balapan akan berlangsung di sirkuit karting dengan standar dan panjang minimum yang disepakati dan ditetapkan oleh FIM atau federasi nasional masing-masing negara.

Di setiap akhir musim, para pembalap muda terbaik di dunia saat itu akan diundang untuk bertanding satu sama lain di Final Dunia selama seminggu menjelang final MotoGP tahun itu. Balapan Mini MotoGP ini boleh bersifat nasional, regional atau bahkan kontinental dan pebalap teratas di setiap musim (tergantung usia dan geografi) akan memiliki akses ke seleksi untuk Idemitsu Asia Talent Cup, Honda British Talent Cup, Northern Talent Cup, atau European Talent Cup.

"Inisiatif FIM / Dorna ini menempatkan Federasi Nasional di garis depan sistem, karena terserah mereka untuk mengatur sepenuhnya seri nasional dan memilih yang terbaik dari masing-masing negara yang akan hadir di Final Dunia di Valencia. Dorna dan FIM telah mengerjakan proyek ini selama beberapa tahun dan sekarang menjadi kenyataan dan saya ingin berterima kasih kepada Promotor kami dan memberikan insentif tambahan kepada semua federasi afiliasi kami," pungkasnya.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)