MotoGP Malaysia Bisa Batal Tahun Ini, Peluang Indonesia untuk Menggantikannya?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 14 Jun 2021 17:59 WIB
BARCELONA, SPAIN - JUNE 06: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP Team leads the field during the MotoGP race during the MotoGP of Catalunya - Race at Circuit de Barcelona-Catalunya on June 06, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Ilustrasi MotoGP Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Virus COVID-19 yang semakin mengkhawatirkan di Malaysia bisa menjadi penyebab pergelaran balap MotoGP gagal digelar di sana. Lalu apa ini menjadi peluang besar bagi Indonesia untuk menggantikan Malaysia dan menggelar balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika?

Seperti yang diketahui bersama sudah beberapa pekan ke belakang Malaysia mengalami peningkatan penyebaran COVID-19. Bahkan pemerintah Malaysia berencana untuk memperpanjang masa lockdown hingga dua minggu ke depan.

Hal ini bisa berdampak pada ajang MotoGP Malaysia yang digelar Oktober mendatang. Walau masih lama, situasi pandemi yang sulit diprediksi membuat peluang balapan di Negeri Jiran tersebut bisa kembali gagal seperti tahun lalu.

Mengingat Indonesia masuk dalam cadangan pada tahun ini, peluang Indonesia menggelar ajang balap bergengsi MotoGP kembali terbuka lebar. Meski progres pembangunan sirkuit yang masih berjalan tentu tidak akan mudah untuk diselesaikan.

Menurut Chief Strategic and Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Happy Harinto mengatakan Sirkuit Mandalika sudah diagendakan dalam kalender resmi yang dirilis oleh Dorna Sports.

"Sirkuit Mandalika sudah diagendakan dalam kalender resmi yang dirilis oleh Dorna Sports, tidak ada perubahan," kata Happy saat dihubungi oleh detikOto, Senin (14/06/2021).

Sementara itu ajang balap motor World Superbike sudah masuk dalam kalender balap resmi. Rencananya gelaran tersebut dimulai pada November mendatang di Sirkuit Mandalika.

Sirkuit MandalikaIlustrasi Sirkuit Mandalika Foto: (Wisnu/20detik)

"Sementara untuk gelaran balap World Superbike 2021 di Sirkuit Mandalika dilaksanakan pada 12 - 14 November 2021 mendatang," ujarnya.

Sirkuit Mandalika yang berada di Nusa Tenggara Barat (NTB) saat ini masih dalam tahap proses pengerjaan. Apabila tidak ada halangan, pada bulan Juli mendatang FIM dan Dorna Sports akan kembali ke Mandalika untuk melakukan homologasi sirkuit.

"Jika tidak ada halangan, waktu homologasi yang kami sepakati dengan FIM dan Dorna Sport adalah pada akhir Juli 2021 dan pada saat itu tim homologasi mereka akan kembali mengunjungi Sirkuit Mandalika," jelasnya.

Jika benar Malaysia gagal menyelenggarakan balap MotoGP, peluang Indonesia untuk menggantikannya cukup besar. Namun begitu, pihak penyelenggara MotoGP Malaysia dan Sirkuit Sepang masih berharap balapan akan bisa dilangsungkan.

Di situs resmi MotoGP, jadwal MotoGP Malaysia juga masih belum berubah. Balapan akan dilangsungkan pada 31 Oktober -- menjadi bagian seri Asia-Australia yang berturut-turut digelar di Twin Ring Motegi (3/10), Buriram (10/10), dan Phillip Island (24/10).



Simak Video "MotoGP Malaysia Terancam Batal, Indonesia Bisa Gantikan?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/lth)