Termasuk Punya Quartararo yang Terbuka, Ini Merek Baju Balap di MotoGP

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 14 Jun 2021 16:59 WIB
BARCELONA, SPAIN - JUNE 06: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team leads the field during the MotoGP race during the MotoGP of Catalunya - Race at Circuit de Barcelona-Catalunya on June 06, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Pebalap MotoGP wajib mengenakan baju balap dengan benar yang menutupi semua anggota badan saat balapan. Untuk musim 2021 ini, setidaknya ada enam produsen baju balap yang dikenakan pebalap MotoGP.

Merek baju balap seperti Alpinestars, Dainese, dan Ixon menjadi pilihan terbanyak pebalap MotoGP.

Pada 11 September 2015, produsen baju balap asal Italia, Dainese, merayakan airbag ke-1000 pada baju balap sepeda motor. Sejak musim 2020, pembalap dari ketiga kelas GP (Moto3, Moto2 dan MotoGP) harus memiliki baju balap yang dilengkapi dengan sistem airbag.

Kini, beberapa produsen baju balap terus berkembang. Semua baju balap di MotoGP saat ini telah dibekali sistem airbag yang lebih aman bagi pebalapnya.

Pekan lalu, baju balap Alpinestars menjadi sorotan di kelas MotoGP. Ritsleting baju balap Fabio Quartararo terbuka pada empat lap sebelum barapan berakhir di MotoGP Ccatalunya. Bintang Yamaha asal Prancis itu menerima penalti 3 detik dan turun dari posisi keempat ke urutan keenam. Soalnya, balapan tanpa chest protector dilarang.

Aksi Membuka Wearpack yang Dilakukan Fabio Quartararo di MotoGP Catalunya 2021Aksi Membuka Wearpack yang Dilakukan Fabio Quartararo di MotoGP Catalunya 2021 Foto: MotoGP

Tapi, apa saja sih baju balap yang dipakai pebalap MotoGP?

Dikutip Speedweek, Alpinestars dianggap sebagai pemimpin pasar di MotoGP. Baju balap dari Alpinestars dipakai oleh delapan pebalap MotoGP seperti Marc Márquez, Alex Márquez, Alex Rins, Fabio Quartararo, Pecco Bagnaia, Jorge Martin, Maverick Vinales dan test driver KTM Dani Pedosa.

Sementara Dainese memiliki tokoh utama seperti Valentino Rossi. Dainese memberi kompensasi kepada juara dunia sembilan kali itu dengan bayaran tahunan sekitar 1,7 juta euro. Mitra Dainese lainnya adalah Stefan Bradl, Joan Mir, Franco Morbidelli, Luca Marini, Pol Espargaró dan Jack Miller.

Pebalap asal Prancis Johann Zarco percaya pada baju balap asal negaranya, dari Furygan. Danilo Petrucci mengandalkan merek Revit! Iker Lecuona menjadi satu-satunya pebalap MotoGP yang memilih Bering.

Dan merek baju balap asal Prancis, IXON, dikenakan oleh Brad Binder, Miguel Oliveira, Nakagami, dan Aleix Espargró.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)