Masih Dibekap Cedera, Marquez Ngotot Rebut Gelar Juara MotoGP dari Joan Mir

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 08 Des 2020 12:56 WIB
Repsol Honda Teams Spanish rider Marc Marquez makes the victory sign on the sidelines of the Andalucia Grand Prix at the Jerez race track in Jerez de la Frontera on July 26, 2020. - Marquez will not start the Andalucia MotoGP in Jerez after dropping out of qualifying four days after an operation on a broken arm. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)
Marc Marquez siap merebut gelar juara MotoGP dari Joan Mir. Foto: AFP/JAVIER SORIANO
Jakarta -

Joan Mir sukses menjuarai MotoGP 2020. Padahal ia pebalap yang sama sekali tidak difavoritkan merengkuh gelar juara dunia. Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menganggap Mir juara dengan cara kurang hebat. Ia pun siap merebut gelar itu musim depan.

Marc Marquez mengalami cedera panjang yang membuatnya absen sepanjang musim. Absennya the baby alien membuat kompetisi MotoGP berjalan cukup seru lantaran banyak pebalap bergantian naik podium. Fabio Quartararo sempat diunggulkan menjuarai kompetisi musim ini. Namun di luar dugaan, justru Joan Mir yang finis di peringkat pertama klasemen pebalap.

Mir meraih gelar juara dunia karena konsisten naik podium. Namun ia hanya mengalami sekali juara satu, yakni di seri MotoGP Eropa. Marquez pun menilai jika Mir juara dengan cara yang biasa-biasa saja.

"Joan Mir adalah yang paling konsisten (selama 2020), dia adalah juara dunia dan dia pantas mendapatkannya. Dalam tahun di mana konsistensi sangat penting, Mir membawa pulang gelar tanpa melakukan hal-hal hebat. Bagaimanapun, kemenangan di tahun kedua di MotoGP sangat berarti," ujarnya, dikutip dari Tuttomotoriweb.

Marquez menjelaskan bahwa dia tidak sabar menatap musim depan dan akan mencoba merebut gelar dari rekan senegaranya itu. "Musim depan Joan Mir harus mempertahankan gelar. Terlepas dari siapa yang akan berada di lintasan, dia pasti harus berjuang untuk kejuaraan dunia. Motor akan tetap sama karena tidak ada perubahan regulasi. Dia akan memperjuangkan gelar karena dia punya bakat, tapi saya akan berusaha merebutnya," seru Marquez.

Di tahun ini Marquez kehilangan momentum mempertahankan gelar juara MotoGP. Padahal andai dia fit dan bisa kembali juara, Marquez akan menyamai rekor gelar juara dunia ke-9 milik sang legenda, Valentino Rossi.

Apakah Marquez benar-benar siap tampil musim depan? Kabar terakhir mengatakan Marquez sedang menjalani operasi ketiga pada lengan kanannya. Manajer Marquez, Emilio Alzamora mengabarkan jika Marquez masih akan absen di tujuh balapan pertama musim depan.



Simak Video "Kata Joan Mir dan Quartararo Saat Rossi Pensiun dari MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)