Masalah Besar buat Honda: Marquez Diprediksi Absen di MotoGP 2021

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 07 Des 2020 11:44 WIB
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 24: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team drives the scooter in paddock  during the MotoGP of Andalucia - Free Practice at Circuito de Jerez on July 24, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Marc Marquez diprediksi tidak akan tampil pada MotoGP 2020 Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Pengamat Top MotoGP Carlo Pernat memprediksi Marc Marquez belum sembuh saat gelaran MotoGP 2021 dimulai. Repsol Honda dinilai perlu segera mencari pebalap pengganti usai pergantian tahun.

Seperti diketahui, Marc Marquez masih dibekap cedera. Ia kembali naik ke meja bedah ketiga kalinya sejak mengalami cedera lengan kanan di Jerez, Juli silam.

Manajer Marquez, Emilio Alzamora mengabarkan The Baby Aliens masih absen di tujuh balapan pertama musim depan. Tapi Carlo Pernat meyakini bahwa Marquez perlu waktu lebih lama, bahkan tidak ikut balapan hingga seri 2021 berakhir.

"Menurut saya, banyak kemungkinan Marc tidak akan balapan pada 2021, meski saya harap saya terbukti salah," jelas Carlo Pernat seperti dikutip GPone, Senin (7/12/2020).

"Untuk pulih setelah operasi, dia akan membutuhkan enam bulan, dan kami harus ingat bahwa dia belum pernah naik motor selama setahun, jadi akan butuh beberapa bulan untuk melihatnya lagi di balapan," sambungnya.

Andai prediksinya betul, Honda dalam masalah besar. Ia menyarankan Alberto Puig dan kawan-kawannya segera mencari pebalap pengganti untuk mengisi pos kekosongan Marc Marquez di musim MotoGP 2020. Menurut Pernat, terdapat beberapa skenario bagi Honda untuk menyiapkan tim sebelum akhir Januari 2020.

"Honda harus bergerak selambatnya akhir Januari," saran Pernat.

Berembus gosip, Honda akan merekrut Andrea Dovizioso yang kini lowong usai meninggalkan Ducati di akhir musim lalu. Tapi menurut Pernat, Dovizioso tidak akan mau menerima tawaran dengan kesepakatan yang singkat

"Menurut saya, masuk akal karena mereka tahu bahwa mereka tidak akan melihat Marquez lagi setidaknya untuk separuh kejuaraan. Jadi mereka punya dua keputusan untuk diambil. Yang pertama, dengan dukungan Repsol, memiliki Alex Marquez dengan Pol Espargaro di tim utama. Dengan begitu, Nakagami dan mungkin, Dovizioso akan di LCR."

"Honda harus segera bergerak. Mereka harus mengejar Dovizoso dan menawarkan dua atau tiga tahun kontrak sebagai pebalap penguji. Kalau dia hanya ditawari setahun saja, atau beberapa balapan untuk menggantikan Marc Marquez, Andrea tidak akan menerima. (Manajer Honda Alberto) Puig dan Honda kini punya sebuah masalah besar dan mereka harus memutuskan apa yang mesti dilakukan dengan cepat, tapi ini adalah situasi yang sangat rentan," jelas Carlo Pernat.



Simak Video "Masalah Drainase Disinggung Rider WSBK, Mandalika Berbenah Buat MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)