Sah! Tim MotoGP Indonesia Gandeng SAG Racing Team Tampil di Moto2 2021

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 04 Des 2020 18:40 WIB
Tim MotoGP Indonesia kerja sama dengan SAG Racing Team
Tim MotoGP Indonesia kerja sama dengan SAG Racing Team. Foto: Screenshot Instagram @sagracingteam
Jakarta -

Tim MotoGP Indonesia akhirnya mendapatkan partner untuk berlaga di kelas Moto2 ajang MotoGP 2021. Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI) resmi meneken kontrak kerjasama dengan tim Moto2 SAG Racing Team. Kolaborasi ini akan menghasilkan nama tim baru, yaitu Mandalika SAG Team.

Pengumuman kerja sama tersebut disampaikan langsung oleh pihak SAG Racing Team di akun instagramnya, Jumat (4/12/2020). Dalam keterangan di unggahan media sosialnya, SAG Racing Team mengumumkan kesepakatan dengan MRTI untuk jangka 3 musim.

"Saya sangat bangga tim saya akan berkolaborasi dengan Mandalika Racing Team Indonesia tahun depan di kategori Moto2. Semua staf tim dan pebalap saya antusias dengan kolaborasi ini," bilang CEO SAG Racing Team, Eduardo Perales, dalam video singkat.

[Gambas:Youtube]


Berbarengan dengan pengumuman kerja sama itu, SAG Racing Team juga memperkenalkan satu pebalap yang sudah pasti direkrut. Dia adalah Thomas Luthi.

"Tahun depan saya akan membalap bersama Mandalika SAG Team. Saya tertarik menjadi bagian dari proyek hebat ini dan saya juga berharap bisa segera mengunjungi Indonesia," ujar Luthi.

Sementara pebalap kedua memang belum diumumkan resmi. Namun menurut Ketua Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI), Rapsel Ali , slot tersebut akan diisi oleh pebalap Indonesia, Dimas Ekky Pratama. Dimas Ekky menggantikan posisi Kasma Daniel.

dimas ekky pratamaDimas Ekky Pratama Foto: Yanu Arifin/detikSport

"IRTA (International Road racing Team Association) sudah usulkan pergantian (Kasma Daniel) ke Dimas, jadi nunggu approved by Dorna," kata Rapsel Ali, kepada detikOto, Jumat (4/12/2020).

Musim lalu SAG Racing Team bekerjasama dengan ONEXOX TKKR perusahaan asal Malaysia sebagai sponsor utama. Tim tersebut sudah menggunakan tiga pebalap, yakni Tetsuta Nagashima, Remy Gardner, dan Kasma Daniel. Catatan terakhir, Remy Gardner berhasil duduk di peringkat 6 klasemen akhir Moto2 musim 2020.

Musim depan Remy Gardner dipinang tim Red Bull KTM Ajo, dan digantikan oleh pebalap asal Swiss, Thomas Luthi. Sementara itu MRTI mengkonfirmasi bahwa salah satu pebalapnya adalah Dimas Ekky sejak peluncuran tim di awal November 2020.

Berpartisipasi di kelas Moto2, Tim MotoGP Indonesia akan mengikuti regulasi Dorna terkait spesifikasi mesin. Semua motor Moto2 menggendong mesin Triumph berkapasitas 765 cc. Mesin itu diambil dari basis motor produksi massal Triumph, seperti Triumph Street Triple.

Sebelumnya isu kerjasama antara MRTI dan SAG menimbulkan pro kontra lantaran belum adanya konfirmasi dari pihak SAG Racing Team. Namun informasi resmi yang diumumkan pihak SAG sore ini praktis mengakhiri polemik tersebut.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)