Motor Joan Mir Dipaksa Masuk ke Lift, Begini Jadinya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 24 Nov 2020 07:51 WIB
Motor Joan Mir Masuk Lift Beginilah Jadinya
Motor Joan Mir masuk lift. Foto: Dok. Suzuki
Jakarta -

MotoGP 2020 telah usai. Setiap tim balap MotoGP mengemas motor-motor balap dan perlengkapannya. Motor sang juara dunia, Joan Mir, pun turut dikemas usai seri pemungkas di MotoGP Portugal akhir pekan kemarin.

Namun, ada cara unik yang dilakukan oleh Team Suzuki Ecstar. Mereka memaksa motor sang juara dunia Joan Mir masuk ke dalam lift yang ukurannya sangat kecil.

Hal itu dipamerkan Team Suzuki Ecstar di media sosial. Tim Suzuki berkelakar, ini menjadi cara tercepat memindahkan Suzuki GSX-RR tunggangan Joan Mir dari titik A ke B.

"Hal kecil untuk membuat Anda tersenyum di akhir musim yang gila ini!
Cara tercepat untuk memindahkan GSX-RR tanpa mesin menyala," sebut Team Suzuki Ecstar di jejaring sosialnya.

Tidak dijelaskan untuk apa Suzuki GSX-RR itu dimasukkan ke lift yang kecil. Namun, karena ukuran lift yang terlalu kecil, motor Joan Mir sampai sengaja didirikan dengan ban belakang menjadi tumpuannya.

Dimensi panjang Suzuki GSX-RR tunggangan Joan Mir hampir mentok ke atap lift saat didirikan. Selain motor Joan Mir, ada tiga kru Suzuki yang menahan motor di dalam lift tersebut.

Tapi, kenapa harus lewat lift orang ya? Atau memang di gedung tersebut tidak tersedia lift barang? Apalagi, motor Suzuki GSX-RR ini punya bobot 157 kg.

Motor Joan Mir ini sempat bermasalah saat melakoni balapan MotoGP Portugal akhir pekan kemarin. Joan Mir menyebut motor Suzuki GSX-RR tunggangannya mengalami masalah pada perangkat elektronik sehingga sistem kontrol traksi tidak bekerja dengan maksimal.

Sementara itu, Suzuki GSX-RR yang masuk ke lift ini berhasil membawa Joan Mir menjadi dunia juara MotoGP 2020. Secara spesifikasi, Suzuki GSX-RR yang ditunggangi Joan Mir menggendong mesin 1.000 cc empat silinder segaris. Mesin dengan teknologi empat tak, DOHC dan empat katup per silinder tersebut hadir dengan sistem pendinginan radiator. Mesin Suzuki GSX-RR tunggangan Joan Mir dilengkapi dengan girboks seamless. Transmisinya enam percepatan.

Kombinasi mesin 1.000 cc empat silinder segaris dan transmisi enam percepatan seamless tersebut membuat Suzuki GSX-RR mampu memuntahkan tenaga hingga lebih dari 240 PS. Alhasil, motor bisa melaju dengan kecepatan maksimal sampai 340 km/jam.

Motor Suzuki GSX-RR ditopang oleh sasis aluminium twin-spar. Di depan, terdapat suspensi upside-down yang dipasok oleh Ohlins. Suspensi belakang juga disediakan oleh Ohlins.

Suzuki GSX-RR milik Joan Mir memiliki dimensi panjang 2.096 mm, lebar 720mm dan tinggi 1.140mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 1.457mm. Dengan mesin 1.000 cc, bobot Suzuki GSX-RR hanya 157 kg.



Simak Video "Setelah Sekian Podium, Akhirnya Joan Mir Menang Juga"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)