Rossi: Mesin Yamaha Paling Lambat di Lintasan Lurus

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 09 Nov 2020 10:07 WIB
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 08: Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team push the bike with marshall staff  during the MotoGP race during the MotoGP of Europe at Comunitat Valenciana Ricardo Tormo Circuit on November 08, 2020 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Rossi gagal finis di MotoGP Eropa. Motornya mogok lagi. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Yamaha sangat berjuang keras dalam balapan MotoGP 2020. Meski beberapa kali pebalapnya juara dan memijak podium, Yamaha pada balapan MotoGP Eropa semalam WIB seakan tenggelam.

hanya tiga motor Yamaha yang mampu finis. Itu pun di posisi belakang, di urutan ke-11, 13, dan 14. Sementara Valentino Rossi gagal finis karena ada kendala pada sistem elektronik.

Rossi sendiri mengakui bahwa Yamaha sering menjadi yang tercepat di awal musim. Namun di sisa musim, Yamaha sering ketinggalan.

"Pabrikan lain tampaknya membawa banyak hal baru (saat awal musim) sehingga perlu beberapa balapan agar semuanya baik-baik saja. Setelah itu mereka sangat kuat menjelang akhir musim. Kemudian berubah dari balapan ke balapan karena Franco (Morbidelli) menang dua minggu lalu. Di sini, di Valencia, sebaliknya, sulit bagi semua (pebalap Yamaha," kata Rossi dikutip Speedweek.

Pebalap 41 tahun asal Italia itu telah lama mengidentifikasi masalah utama Yamaha. Salah satunya adalah kekuatan mesinnya.

"Saya pikir dan saya selalu mengatakan bahwa mesin adalah masalah besar bagi kami. Karena kami selalu paling lambat di lintasan lurus, tetapi pada saat yang sama kami juga memiliki masalah dengan keandalan dan kesulitan besar melewati musim dengan lima mesin. Kami kekurangan performa dan jarak tempuh pada saat yang sama. Selain itu, karakter mesin sudah lama menjadi kekuatan Yamaha. Tapi sekarang yang lain tampaknya memiliki mesin yang mulus dalam hal akselerasi. Saat Anda menggabungkan semua ini, itulah intinya," jelas Rossi.

"Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan performa di sekitar mesin, mulai dari elektronik hingga knalpot. Ada banyak hal berbeda yang dapat ditingkatkan, meskipun Anda tidak dapat menyentuh mesinnya. Jika Yamaha melangkah ke arah yang benar, kami bisa meningkat," sambung The Doctor.



Simak Video "Rossi Dipastikan Ikut Balapan di MotoGP Valencia Usai Negatif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)