Tabrak Aturan MotoGP, Yamaha Diganjar Sanksi

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 06 Nov 2020 12:32 WIB
Tim Balap MotoGP Yamaha Monster Energy untuk musim 2020 diluncurkan di Sepang, Malaysia, Kamis (6/2/2020).
Yamaha diganjar sanksi di MotoGP 2020. Foto: Pool Instagram
Jakarta -

Yamaha telah diganjar penalti di MotoGP 2020. Pelanggaran teknis dilakukan oleh pabrikan asal Jepang tersebut dalam gelaran MotoGP 2020.

FIM MotoGP telah melakukan investigasi terhadap Yammaha. Dikutip dari laman resmi MotoGP, Yamaha Motor Company, tidak mematuhi protokol yang mengharuskan mereka memperoleh persetujuan dengan suara bulat dari Asosiasi Produsen Olahraga Sepeda Motor (Motorcycle Sport Manufacturers Association/MSMA) untuk perubahan teknis motornya.

Sanksi diberikan oleh Stewards Panel MotoGP FIM berdasarkan Pasal 3.5.5 dari peraturan Kejuaraan Dunia FIM Grand Prix. Sanksi ini diberikan terkait dengan pelanggaran teknis pada mesin yang digunakan Yamaha YZR-M1 untuk gelaran MotoGP.

Dilaporkan, setiap modifikasi pada mesin balap selama satu musim membutuhkan persetujuan dengan suara bulat dari semua anggota MSMA. Pada awal musim MotoGP 2020, Yamaha menghadapi masalah teknis pada mesin YZR-M1 yang membutuhkan katup pengganti dengan desain baru.

Valentino Rossi dan Franco Morbidelli sempat gagal finis gara-gara mesin motornya bermasalah di dua balapan yang digelar di Jerez. Analisis yang dilakukan pada saat itu mengaitkan masalah pada katup mesin.

JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 26:   Maverick Vinales of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team leads the field during the MotoGP race during the MotoGP of Andalucia - Race at Circuito de Jerez on July 26, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Yamaha mendapat sanksi dari FIM MotoGP, kenapa? Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Untuk balapan MotoGP, terdapat mesin sampel yang diperiksa dengan cermat dan disegel di awal musim. Mesin yang digunakan untuk balapan dibatasi jumlahnya dalam satu musim. Mesin yang dipakai untuk balap itu kemudian dibandingkan dengan mesin sampel selama musim balap untuk kepatuhan teknis. Dalam hal ini, prosedur pemberitahuan perubahan teknis tidak ditaati oleh Yamaha, sehingga ada sanksi yang diberikan kepada tim.

Karena alasan ini, Yamaha Motor Company dikurangi 50 poin Konstruktor. Untuk kategori tim, Monster Energy Yamaha MotoGP dikenakan penalti 20 poin dan Petronas Yamaha SRT dikurangi 37 poin. Pengurangan poin konstruktor dan tim Yamaha tersebut berkaitan dengan pelanggaran protokol teknis.

Sementara itu, pebalap Yamaha tidak menerima penalti apa pun. Keempat pebalap Yamaha yakni Valentino Rossi, Maverick Vinales, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli mempertahankan posisi Kejuaraan Dunia Riders.

Adapun posisi Yamaha dalam kejuaraan Konstruktor dan Tim turun karena penalti ini. Berikut klasemen sementara konstruktor dan tim MotoGP 2020:

CONSTRUCTOR CHAMPIONSHIP:

Ducati - 171
Suzuki - 163
Yamaha - 158
KTM - 143
Honda - 117
Aprilia - 36

TEAM CHAMPIONSHIP:

Team Suzuki Ecstar - 242
Petronas Yamaha SRT - 198
Ducati Team - 180
Red Bull KTM Factory Racing - 157
Monster Energy Yamaha MotoGP - 156
Pramac Racing - 128.



Simak Video "Valentino Rossi Terpuruk di MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)